9 Kawasan Pantai Nelayan Di Gunungkidul

Berikut adalah kawasan pantai di Gunungkidul yang dikembangkan menjadi dermaga pelabuhan, pelabuhan nelayan tradisional, dan tempat pelelangan ikan (TPI) adalah sebagai berikut

1. Pantai Sadeng

Lokasi Parkir Kapal Di Pantai Sadeng Gunungkidul

Pantai Sadeng merupakan kawasan pantai di sisi timur kabupaten Gunungkidul sekaligus sebagai dermaga pelabuhan kapal nelayan terbesar. Pantai ini masih satu-satunya pantai yang dapat disinggahi kapal-kapal nelayan berukuran besar di wilayah Gunungkidul. Sebagian besar nelayan yang tinggal di sekitar kawasan pantai ini merupakan pendatang yang berasal dari daerah Cilacap dan Jawa Barat. Pantai ini secara administratif terletak di desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul.

baca artikel selengkapnya di Pantai Sadeng Gunungkidul, Antara Pelabuhan Dan Muara Bengawan Solo Purba

2. Pantai Nampu Wediombo

Perahu Nelayan Di Pantai Nampu Gunungkidul

Pantai Nampu sebenarnya merupakan pemekaran kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul. Pantai ini sedang dikembangkan sebagai pantai nelayan tradisional dan tempat pelelangan ikan (TPI). Jumlah perahu dan nelayan yang tinggal di kawasan pantai ini masih sedikit dan belum sebanyak pantai nelayan lain di Gunungkidul. Secara administratif pantai ini terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul

baca artikel selengkapnya di Pantai Nampu Dan Bukit Indah, Pemekaran Kawasan Wisata Wediombo Gunungkidul

3. Pantai Siung

Senja Di Pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung terletak di kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul

Baca Juga  Lesehan SOS, Favorit Santri Ponpes Krapyak Yogyakarta

4. Pantai Ngandong

Perahu Yang Bersandar Di Pantai Ngandong Gunungkidul

Pantai Ngandong merupakan pantai kecil yang sekarang terpisah dari kawasan Pantai Sundak Gunungkidul. Pantai ini belum terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) dan hanya terdapat beberapa nelayan yang tinggal. Saat ini lebih menitikberatkan pada wisata memancing di tengah laut Gunungkidul. Secara administratif pantai terletak di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul.

baca artikel selengkapnya di Pantai Ngandong Gunungkidul, Birunya Langit Dan Putihnya Pasir Pantai

5. Pantai Drini

Karang Sisi Timur Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini merupakan pantai nelayan dengan bentang alam yang cukup menarik. Pantai ini terbagi menjadi dua wilayah dimana sisi barat digunakan sebagai tempat bersandarnya perahu nelayan dan sisi timur digunakan sebagai tempat wisata. Daya tarik utama pantai ini adalah pantai berpasir putih dengan pulau kecil yang dekat dengan tepi pantai. Secara administratif terletak di desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul

baca artikel selengkapnya di Pantai Drini, Keelokan Pantai Berpasir Putih Dengan Pulau Karang

6. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul

7. Pantai Ngrenehan

Pemandangan Pantai Ngrenehan Gunungkidul Dari Atas Tebing

Pantai Ngrenehan merupakan kawasan pantai nelayan yang juga dikembangkan menjadi kawasan wisata. Pantai ini memiliki bentang alam yang menarik dimana diapit dua semenanjung dan berpasir putih. Keberadaannya dijadikan satu paket wisata pantai bersama dengan wisata Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Secara administratif terletak di di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga  Gereja Gothic Sayidan Yogyakarta, Si Misterius Yang Bikin Penasaran

baca artikel selengkapnya di Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Indahnya Pantai Alami Dan Pelabuhan Perahu Nelayan

8. Pantai Gesing

Perahu Nelayan Bersandar Di Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai Gesing merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah barat kabupaten Gunungkidul. Sejak awal dibuka menjadi kawasan pantai, pantai ini memang direncanakan sebagai kawasan pantai nelayan tradisional. Bentang alam berbentuk teluk kecil memungkinkan sebaga tempat bersandar perahu nelayan dan berlindung dari hempasan ombak pantai selatan yang ganas. Secara administratif terletak di dusun Panjolomulyo, desa Girikarto, kecamatan Panggang.

baca artikel selengkapnya di Pantai Gesing, Pantai Nelayan Paling Barat Di Gunungkidul

9. Pantai Luwen

Pantai Luwen merupakan kawasan pantai di wilayah barat kabupaten Gunungkidul yang sedang direncanakan untuk dibuka menjadi pelabuhan nelayan. Secara administratif pantai ini terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul.

Kirim pendapat