Pantai Nampu Wonogiri, Pesona Wisata Unggulan Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri, Pesona Wisata Unggulan Wonogiri
3 (60%) 5 votes

Pantai Nampu merupakan salah satu wisata unggulan di kabupaten Wonogiri selain Waduk atau Bendungan Gajah Mungkur. Daya tarik utamanya adalah wisata pantai landai berpasir putih nan eksotis di pesisir selatan Pulau Jawa. Saat ini potensi wisata Pantai Nampu belum dikembangkan secara maksimal dan terkesan dibiarkan apa adanya.

Pantai Nampu merupakan kawasan pantai yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pemandangan Pantai Nampu Wonogiri Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Nampu berada di pesisir selatan wilayah kabupaten Wonogiri. Jarak dari pusat kota Wonogiri menuju Pantai Nampu sekitar 70 kilometer atau 2 jam perjalanan. Belum tersedia transportasi umum menuju kawasan wisata Pantai Nampu sehingga pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai ini. Akses jalan dapat dilalui kendaraan beroda dua dan beroda empat, untuk kendaraan jenis bus tidak disarankan karena sempitnya lebar jalan.

Kondisi jalan dari pusat kota Wonogiri menuju Pantai Nampu sudah diaspal hingga lokasi pantai meskipun ada beberapa bagian jalan yang rusak dan belum diperbaiki. Papan petunjuk arah menuju kawasan pantai telah dipasang pada beberapa titik strategis. Keberadaan papan petunjuk arah tersebut cukup membantu wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata di Pantai Nampu.

Tangga Menuju Kawasan Pantai Nampu Wonogiri

Belum ada retribusi masuk untuk wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nampu. Tidak ada pos penarikan retribusi di sepanjang jalan menuju kawasan pantai. Usut punya usut ternyata pemerintah daerah belum mengambil alih pengelolaan Pantai Nampu. Saat ini pengelolaan kawasan Pantai Nampu dilakukan oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Ketiadaan retribusi masuk merupakan salah satu bentuk promosi wisata untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Pengunjung Pantai Nampu dipandu oleh petugas parkir untuk memarkir kendaraan di tempat yang disediakan. Untuk kendaraan roda dua pengunjung dipersilakan parkir di gubug-gubug yang sedikit terlindung dari sinar matahari. Sedangkan kendaraan roda empat dipersilakan parkir di tanah lapang yang terasa gersang dan panas. Dari area parkir, pengunjung dapat melihat pemandangan Pantai Nampu dari atas bukit.

Hamparan Pasir Putih dan Ombak Pantai Nampu Wonogiri

Pengunjung Pantai Nampu Wonogiri dipersilakan menuruni tangga terlebih dahulu untuk menuju kawasan pantai Nampu. Letak kawasan Pantai Nampu berada di bagian bawah bukit tempat parkir kendaraan pengunjung dan beberapa warung makanan dan minuman berada. Kondisi tangga turun telah dibangun oleh pengelola pantai sehingga pengunjung tidak kesulitan saat menuruni tebing. Belasan tangga turun telah dilalui dan akhirnya pengunjung tiba di kawasan Pantai Nampu.

Kawasan Pantai Nampu merupakan kawasan pantai yang landai dan berpasir putih. Garis pantainya cukup panjang sejauh beberapa ratus meter. Disebelah barat kawasan Pantai Nampu terdapat bukit karang yang disebaliknya merupakan kawasan pantai perawan bernama Pantai Pringjono Wonogiri. Di sebelah timur kawasan Pantai Nampu terdapat bukit sebagai perbatasan kabupaten sekaligus batas propinsi antara kabupaten Wonogiri propinsi Jawa Tengah dengan kabupaten Pacitan propinsi Jawa Timur.

Annosmile Di Pantai Nampu Wonogiri

Keberadaan gubug-gubug warung di sekitar kawasan Pantai Nampu Wonogiri dirasa mengurangi pemandangan karena penataannya terkesan semrawut dan dibangun terlalu berhimpit dengan garis atau tepi pantai. Sampah-sampah yang berserakan di tepi pantai sepertinya dibiarkan saja tanpa ada yang membersihkan. Bila hal ini dibiarkan terus menerus dikhawatirkan kawasan Pantai Nampu akan kehilangan daya tarik pengunjung. Selain itu minimnya fasilitas pendukung wisata seperti keberadaan kamar mandi/wc umum, gasebo, dan sebagainya harus segera dibangun untuk menambah kenyamanan pengunjung Pantai Nampu.

Sebagai kawasan wisata unggulan di kabupaten Wonogiri, selayaknya pantai ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Pemerintah daerah harus turut membantu membangun fasilitas dan mempromosikan kawasan wisata pantai yang saat ini menjadi wisata andalan daerah. Hal ini wajib dilakukan untuk menghadapi persaingan kawasan wisata yang banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Dirimu berapa kali kena retribusi di sini No? :p

    • admin:

      gratis kemarin ga ada yg narik retribusi :-)

Kirim pendapat