Pantai Nampu Dan Bukit Indah, Pemekaran Kawasan Wisata Wediombo Gunungkidul

Pantai Nampu Dan Bukit Indah, Pemekaran Kawasan Wisata Wediombo Gunungkidul
3.5 (70%) 4 votes

Nama Pantai Nampu sepertinya juga digunakan untuk menamai kawasan pantai yang berada di sebelah utara Pantai Wediombo Gunungkidul. Sebelumnya nama Pantai Nampu terkenal sebagai kawasan wisata pantai unggulan di kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Pantai Nampu Wediombo ini memiliki daya tarik yang mirip dengan Pantai Wediombo karena sebenarnya merupakan satu kawasan pantai yang memiliki garis pantai yang sama. Daya tarik yang sedang dikembangkan pantai ini adalah panorama dari atas bukit yan diberi nama Bukit Indah dan kawasan nelayan.

Pantai Nampu dan Bukit Indah berada di dalam kawasan wisata Pantai Wediombo, desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Lautan Dari Bukit Indah Pantai Nampu Gunungkidul

Lokasi Pantai Nampu berada di sebelah utara kawasan Pantai Wediombo. Ada dua cara menuju pantai ini, cara pertama melewati jalan langsung menuju Bukit Indah dan Pantai Nampu yang baru saja dibuka dan cara kedua merupakan cara lama dengan menyisir ke arah utara dari Pantai Wediombo. Bila pengunjung memilih langsung jalan menuju Bukit Indah Pantai Nampu, pengunjung akan mendapatkan beberapa keuntungan dimana arak perjalanan lebih singkat dan akan mendapatkan dua daya tarik wisata sekaligus yaitu pemandangan pantai dari atas bukit dan suasana pantai ketika tiba di dasar bukit. Area parkir yang disediakan masih terbatas dan baru dapat menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Pantai Wediombo Dari Atas Bukit Indah Pantai Nampu Gunungkidul

Bukit Indah Pantai Nampu cukup dekat dengan area parkir dengan menyusuri jalan setapak tanah yang ada di dekatnya. Kondisi jalan setapak masih berupa jalan tanah dan pengunjung dimohon berhati-hati karena kondisi tanah yang licin dan rapuh. Posisi terbaik menikmati pemandangan dari Bukit Indah adalah pada sebuah tikungan jalan menurun yang terdapat pagar pengaman. Dari tempat tersebut pengunjung dapat melihat pemandangan Pantai Wediombo dari atas bukit dimana garis pantainya membentuk seperti bulat sabit. Cukup banyak pengunjung yang berlama-lama di tempat ini sambil berfoto dan menikmati keindahan pemandangan sebelum melanjutkan perjalanan menuju dasar pantai.

Jalan Menuju Pantai Nampu Gunungkidul

Perjalanan menuju Pantai Nampu Gunungkidul dari Bukit Indah dilanjutkan dengan menuruni jalan setapak tersebut. Kondisi jalan hingga dasar bukit sudah diperlebar meskipun kemiringannya masih curam. Selain itu belum dapat dilalui kendaraan biasa seperti mobil dan motor kecuali kendaraan offroad khususnya motor trail. Parkir pengunjung tetap berada di atas bukit sesuai dengan papan penunjuk arah parkir Bukit Indah Pantai Nampu.

TPI Di Pantai Nampu Gunungkidul

Gerbang masuk kawasan Pantai Nampu Gunungkidul adalah sebuah bangunan Tempat Pelelangan Ikan kamar mandi umum. Di dekatnya terdapat gubug warung makan yang menjual makanan dan minuman. Jumlah warung makan yang ada baru satu buah dan belum sebanyak yang berada di kawasan Pantai Wediombo. Gubug-gubug yang ada disekitarnya merupakan tempat tinggal sementara para nelayan pantai tersebut ketika akan berangkat dan pulang dari melaut.

Pemandangan Pantai Nampu Gunungkidul hampir sama dengan Pantai Wediombo karena terletak dalam garis pantai yang sama dan keduanya bersebelahan. Hal yang tidak dimiiliki Pantai Wediombo adalah keberadaan nelayan pantai. Jumlah nelayan di kawasan pantai ini hanya sedikit dan tidak sebanyak nelayan pantai lain di Gunungkidul. Hasil tangkapan mereka langsung ditimbang di TPI Pantai Nampu Wediombo selanjutnya dibawa ke TPI  lebih besar seperti Pantai Sadeng dan Pantai Drini. Pengunjung juga dapat membeli ikan hasil tangkapan laut nelayan ketika mereka pulang dari melaut atau membeli di tempat pelelangan ikan. Harga ikan hasil tangkapan nelayan tergolong standar dan pengunjung diharapkan selalu menanyakan harga ketika membeli.

Perahu Nelayan Di Pantai Nampu Gunungkidul

Suasana Pantai Nampu yang masih alami dan sepi cukup menghibur pengunjung pantai ini. Pengunjung bebas bermain air di tepi pantai saat kondisi ombak sedang surut dan ombak kecil. Namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena penjagaan pantai ini bisa dibilang tidak ada dan tidak seperti Pantai Wediombo yang telah terdapat Pos SAR. Secara keseluruhan Pantai Nampu Wediombo dan Bukit Indah menarik dijadikan tempat alternatif berwisata di sekitar Pantai Wediombo dengan sudut pandang yang sedikit berbeda. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Indah Pantai Nampu
Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-
Parkir : sementara gratis

PETA

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Roku:

    Pantainya mirip kawasan Puncak Mandeh di Sumbar. Ada bukit-bukitnya…

    • admin:

      Hi Roku,
      Benarkah? semoga bisa datang kesana membuktikannya :-)

Kirim pendapat