Pantai Mertasari, Pantai Paling Selatan Di Kawasan Sanur Bali

Pantai Mertasari, Pantai Paling Selatan Di Kawasan Sanur Bali
2.5 (50%) 2 votes

Pantai Mertasari merupakan salah satu  pantai di dalam kawasan wisata Pantai Sanur Bali. Keberadaan pantai ini jarang didengar oleh wisatawan nusantara karena tidak dimasukkan dalam paket wisata. Keramaian pantai ini terlihat ketika menjadi tempat penyelenggaraan event salah satunya adalah Festival Layang-Layang Bali.

Pantai Mertasari terletak di Jalan Tirta Empul, desa Intaran, kelurahan Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, kotamadya Denpasar, Bali.

Lokasi Pantai Mertasari berada di ujung paling selatan dari kawasan Pantai Sanur Bali. Posisi Pantai ini diapit oleh Pantai Semawang dan Pantai Pengembak. Rute dari kawasan Pantai Sanur melewati Jalan Danau Tamblingan ke arah selatan kemudian dilanjut ke Jalan Cemara dan Jalan Mertasari. Dari Jalan Mertasari arahkan kendaraan menuju ke Jalan Tirta Empul untuk menuju ke tepi Pantai Mertasari. Lama perjalanan menuju kawasan pantai ini sekitar 10 menit dari Pantai Sanur. Akses menuju area pantai dapat ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda, menggunakan sepeda motor, hingga bus berukuran besar.

Pantai Mertasari memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di kawasan Pantai Sanur Bali yaitu dari kawasan pantai ini pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) sekaligus. Posisi pantai ini cukup strategis karena menghadap ke arah selatan dan di kedua sisi yakni barat dan timur tidak ada penghalang. Seperti yang umumnya kita tahu bahwa kawasan pantai yang memberikan daya tarik serupa di Bali yang cukup terkenal adalah Pantai Candidasa di daerah Karangasem Bali.

Pengunjung Pantai Mertasari Sanur pada hari-hari biasa didominasi oleh warga setempat yang hobi memancing dan wisatawan yang bermain kano. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas berenang, berendam, mandi dan berjemur seperti di pantai-pantai lain di pulau Bali. Fasilitas pendukung wisata di kawasan pantai ini tergolong standar dan hampir sama seperti fasilitas pendukung wisata di kawasan Pantai Sanur Bali. Fasilitas yang ada antara lain area parkir kendaraan, tempat jogging, warung, tempat duduk yang menghadap pantai, restoran, penginapan, villa, dan hotel.

Kebersihan Pantai Mertasari Sanur selalu terjaga karena secara rutin masyarakat membersihkan kawasan pantai dibantu pengelola hotel dan resort. Walaupun kadang ada satu dua sampah yang masih dibiarkan karena lepas dari pengawasan. Pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan pantai dan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Mertasari Sanur adalah ketika diadakan suatu event atau perayaan di tempat ini. Salah satu event tahunan besar yang cukup terkenal diselenggarakan di kawasan pantai ini yaitu Festival Layang-Layang yang mempertontonkan layang-layang beraneka bentuk dan ukuran. Secara keseluruhan Pantai Mertasari dapat menjadi alternatif berwisata pantai di sekitar kawasan Pantai Sanur Bali. Kondisi pantai yang sepi dan tenang cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dan berlama-lama berada di pantai. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Mertasari
Jl. Tirta Empul, desa Intaran, kelurahan Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, kotamadya Denpasar, Bali

Retribusi
Motor : Rp 2.000,-/motor
Mobil : Rp 5.000,-/mobil
Parkir : -

Kirim pendapat