Pantai Melasti Ungasan, Wisata Pantai Baru Di Pulau Bali

Pantai Melasti Ungasan merupakan daya tarik wisata baru di selatan Pulau Bali. Keberadaan pantai ini awalnya dikenal sebagai salah satu lokasi upacara Melasti bagi umat Hindu di Pulau Bali. Pantai yang memiliki cirikhas sebagai pantai landai berpasir putih ini rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan pantai berfasilitas olahraga air atau watersport.

Pantai Melasti Ungasan terletak di Jalan Melasti, banjar Kelod, desa Ungasan, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali.

Suasana Pantai Melasti Ungasan Bali

Lokasi Pantai Melasti berada di perbukitan Ungasan selatan Pulau Bali bersebelahan dengan Pantai Bali Cliff. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Denpasar mengarah ke selatan dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Pura Uluwatu. Ikuti jalan tersebut hingga melewati pintu gerbang obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan menemui sebuah perempatan besar. Pilihlah jalan ke arah kiri dengan berpatok arah menuju ke Pantai Pandawa. Saat menemui sebuah banjar atau Lapangan Desa Ungasan ada sebuah pertigaan kecil ambil jalan ke arah kanan menyusuri Jalan Melasti hingga tiba di kawasan pantai. Akses jalan dapat ditempuh dengan kendaraan pribai berupa sepeda motor dan mobil.

Batuan Karang Di Pantai Melasti Ungasan Bali

Pantai Melasti Unggasan memiliki kontur pantai yang mirip seperti Pantai Pandawa karena letak keduanya cukup berdekatan. Pantai ini terdiri dari perbukitan dan tebing batu kapur di tepi pantai dipadukan dengan kawasan pantai berpasir putih. Rata-rata tebing batu kapur yang berada di sekitar pantai memiliki ketinggian sekitar 100-150 meter. Area tebing batu kapur tersebut menyambut wisatawan sebelum tiba di area pantai yang landai dan berpasir putih. Kawasan pantai berpasir putih cukup menggoda disamping ombak pantai selatan yang kadang-kadang pasang hingga menutupi sebagian area pantai berpasir. Air laut terlihat hijau kebiru-biruan bila sedang tenang dengan pemandangan batuan karang didasar laut. Posisi pantai ini mengarah ke selatan dan masih memungkinkan sebagai salah satu tempat menikmati matahari terbenam atau sunset.

Baca Juga  Keindahan Sunset dibalik Kotornya Pantai Pandan Mino

Asal usul diberikan nama Pantai Melasti Ungasan karena sering digunakan untuk Upacara Melasti masyarakat setempat yang beragama Hindu pada hari-hari tertentu dan salah satunya menjelang perayaan Hari Raya Nyepi. Pemberian nama Melasti pada pantai sebenarnya juga diberikan pada sebuah pantai di wilayah kabupaten Tabanan Bali. Untuk membedakannya, Pantai Melasti di bukit Ungasan ini diberi tambahan nama Pantai Melasti Ungasan.

Pemandangan Laut Di Pantai Melasti Ungasan Bali

Wisatawan Pantai Melasti Ungasan masih sedikit karena pantai ini belum resmi dipromosikan sebagai obyek wisata. Alasannya pembangunan kawasan pantai masih berjalan dan membutuhkan beberapa tahun lagi hingga proyek selesai dikerjakan. Rata-rata wisatawan atau pengunjung kawasan pantai ini adalah masyarakat sekitar Pulau Bali. Wisatawan mancanegara pun masih terlihat sedikit di pantai ini dan biasanya mereka menginap di resort atau villa yang dekat dengan kawasan pantai tersebut.

Pembangunan kawasan Pantai Melasti Ungasan Bali saat ini belum selesai dan masih terus berjalan hingga beberapa tahun kedepan. Rencananya pantai ini akan dikembangkan sebagai pusat olahraga air di laut mirip seperti Pantai Tanjung Benoa. Olahraga air yang ditawarkan antara lain jet ski, banana boat, parasailing, snorkeling, seawalker, dan sebagainya. Diharapkan pantai ini akan menjadi alternatif pilihan berwisata disekitar kawasan pantai yang sudah terkenal lebih dulu seperti Pantai Pandawa dan Pura Ulu Watu. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. TrenWisata:

    belum kebali, eh dah ada pantai baru :D

    • admin:

      Hi Tren Wisata,
      Iya benar belum lama dibuka kawasan wisata pantai baru di Pulau Bali. Silakan dikunjungi ya :-)

Kirim pendapat