Pantai Mbirit Gunungkidul, Pantai Mini Yang Bikin Penasaran

Pantai Mbirit Gunungkidul, Pantai Mini Yang Bikin Penasaran
3 (60%) 4 votes

Pantai Mbirit merupakan kawasan pantai yang dikategorikan sebagai pantai kecil dan tersembunyi di wilayah Gunungkidul bagian barat. Keberadaannya mulai dikenal setelah dilakukan pengembangan wisata Pantai Butuh yang ada disebelah baratnya. Pantai ini memiliki karakteristik pantai kecil yang diapit dua buah tebing karang.

Pantai Mbirit terletak di dusun bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Rerimbunan Semak Sebelum Pantai Mbirit Gunungkidul

Lokasi Pantai Mbirit berada di wilayah kecamatan Saptosari atau sebelah barat daya dari kota Wonosari. Bila ditarik garis pantai, pantai ini berada di sebelah barat Pantai Ngluwen dan di sebelah timur Pantai Butuh. Rute termudah menuju pantai ini dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju Pantai Ngeden yang ada disebelah barat Pantai Ngobaran. Setelah melewati pemukiman penduduk terakhir dan melewati jalan bercor semen, akan menemui sebuah pertigaan jalan dimana ke arah kiri menuju ke Pantai Ngeden dan ke arah kanan menuju Pantai Butuh. Pilihlah jalan ke kanan menuju Pantai Butuh hingga tiba di area parkir pantai. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di sebelah timur area parkir Pantai Butuh hingga tiba di Pantai Mbirit. Waktu tempuh berjalan kaki dari pantai Butuh sekitar 15 menit dengan melewati atau mengelilingi sebuah perbukitan.

Pemandangan Pantai Mbirit Gunungkidul

Pantai Mbirit memiliki pantai utama sebagai pantai mini atau pantai kecil yang diapit oleh dua buah bukit karang. Bentuk pantai ini memiliki kemiripan dengan pantai mini di Gunungkidul seperti Pantai Wohkudu dan Pantai Torohudan yang masih dalam satu kecamatan yang sama. Namun pantai ini memiliki ukuran pantai yang lebih kecil diantara keduanya. Hal ini membuat sebagian orang menyebut pantai ini sebagai salah satu surga tersebunyi di Gunungkidul yang jarang orang mengetahuinya. Hanya saja sampai kapan sebutan nama tersebut bertahan sampai akhirnya pantai ini ramai dikunjungi dan dibuatkan akses kendaraan hingga tiba kawasan pantai.

Tebing Karang Pantai Mbirit Gunungkidul

Sama seperti pantai lain yang ada disekitarnya, Pantai Mbirit Gunungkidul juga diselimuti oleh pasir pantai yang berwarna putih. Hanya saja pemandangan pasir putih pantai ini tidak terlihat polos karena ada beberapa bongkahan batu karang. Beberapa bongkahan batu karang yang ada berukuran lumayan besar dengan diameter mencapai 1 hingga 2 meter dan sebagian berhimpit dengan tepi pantai. Tebing karang di kedua sisi pantai terlihat tergerus oleh ombak pantai dan dibeberapa bagian menimbulkan beberapa lubang seperti goa. Namun setelah diteliti lubang tersebut tidak dalam hanya sekitar 1-2 meter saja dari celah karang.

Ombak Pantai Mbirit hampir sama seperti ombak pantai lain yang ada didekatnya dengan cirikhas ombak pantai selatan Jawa. Bila kondisi pasang, ombak pantai akan naik mendekati jajaran batu-batu karang yang menjadi penahan hempasan ombak. Sedangkan ketika surut akan mundur ke arah lautan mendekati jurang laut yang dalam di tepi dasar pantai yang berbentuk karang. Pengunjung dilarang bermain air di kawasan pantai ini karena cukup berbahaya dan tidak ada celah untuk menyelamatkan diri.

Ombak Pantai Mbirit Gunungkidul

Pencahayaan Pantai Mbirit pada pagi hari dan sore hari terlihat gelap karena sinar matahari terhalang oleh tebing karang tinggi yang mengapit kawasan ini. Kondisi ini membuat pantai ini kurang atau tidak cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit (sunrise) atau matahari terbenam (sunrise). Pengunjung jangan kecewa karena ada waktu yang tepat untuk menikmati keindahan pantai ini pada siang hari dimana sinar matahari akan menyinari seluruh kawasan pantai dari tebing sisi timur hingga tebing sisi barat. Bila masih kurang puas dengan pantai ini dapat menuju ke pantai lain yang ada disebelah timurnya yaitu Pantai Ngluwen. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Iqbal Kautsar:

    Waah terbirit-birit bikin penasaran ni pantai kangmas. Aku nek mulih, ajakin mriki gih..

  2. Nasirullah Sitam:

    Aku baru beberapa pantai saja di Gunungkidul yang kusinggahi. Mbok aku diculik dolan rene mas hahahhahah

Kirim pendapat