Pantai Marengan, Wisata Pantai Di Blok Bedul Banyuwangi

Pantai Marengan merupakan daya tarik wisata pantai di dalam kawasan Blok Bedul Taman Nasional (TN) Alas Purwo Banyuwangi. Pada awalnya pantai ini dikenal sebagai Pantai Bedul sebelum terpecah menjadi beberapa pantai yang memiliki nama sendiri-sendiri. Pantai ini menghadap ke arah selatan dengan karakteristik pantai landai berpasir putih.

Pantai Marengan terletak di Taman Nasional Alas Purwo, dusun Bloksolo, desa Sumber Asri, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hutan Tropis Saat Menuju Pantai Marengan Banyuwangi

Lokasi Pantai Marengan berada di selatan wilayah kabupaten Banyuwangi tepatnya di Blok Bedul Taman Nasional Alas Purwo. Rute menuju ke pantai ini dari pusat kota Banyuwangi ke arah selatan menuju Taman Nasional Alas Purwo. Selama perjalanan akan melewati Jalan Raya Banyuwangi-Jember, pertigaan Srono, Jalan Srono, Jalan Raya Grajagan, dan tiba di gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo dari Blok Bedul. Kondisi jalan dari pusat kota Banyuwangi hingga sekitar Srono cukup lebar namun mulai menyempit dan sedikit ketika memasuki jalur penghubung Srono-Grajagan hingga tiba di gerbang masuk taman nasional.

Perjalanan menuju Pantai Marengan Banyuwangi dilanjutkan dari gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo dari Blok Bedul melewati kawasan hutan Mangrove Bedul. Susurilah jalan setapak yang membelah kawasan hutan mangrove hingga tiba di dermaga kecil. Dari dermaga kecil inilah pengunjung menyeberang sungai segara anakan dengan menggunakan perahu motor ke seberang. Tiba di seberang dermaga, perjalanan masih dilanjutkan lagi dengan menyusuri kawasan hutan sejauh 800 meter. Selama perjalanan menyusuri hutan menuju ke pantai, pengunjung akan dihibur dengan pemandangan lebatnya hutan. Bila beruntung, pengunjung akan melihat satwa liar di hutan ini seperti kera ekor panjang, monyet, kijang, rusa, kancil, aneka reptil, dan aneka burung. Selang waktu sekitar 20 menit akhirnya pengunjung tiba di kawasan Pantai Marengan.

Baca Juga  Beginilah Rasanya Perjalanan Bus AKAP Jogja-Denpasar

Rerimbunan Semak Di Pantai Marengan Banyuwangi

Pantai Marengan Banyuwangi memiliki cirikhas pantai landai dengan pasir pantai berwarna abu kehitaman. Garis pantainya sangat panjang membentar dari Pantai Cngurdi sisi barat  hingga Pantai Pancur di sisi timur sejauh 18,5 kilometer. Tidak ada bebatuan karang besar maupun kecil yang ditemukan di tepian pantai. Pemandangan pantai ini terkesan datar karena hanya berupa pantai landai saja tanpa adanya batuan karang di dekatnya. Namun demikian keindahan pantai berpasir kehitaman yang alami ini cukup menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Ombak laut pantai ini cukup besar karena berhadapan langsung dengan samudera tanpa ada penghalang. Pengunjung pantai dilarang untuk berenang ataupun bermain air di tepian pantai. Di beberapa sudut pantai dipasang bendera peringatan sebagai batas aman pengunjung untuk mendekat di bibir pantai.

Cuaca siang hari yang cerah da menyengat tidak disediakan tempatbagi pengujung untuk berteduh. Pengunjung dapat memanfaatkan tepian hutan yang rindang untuk berteduh sambil menikmati pemandangan pantai. Tempat-tempat yang sering digunakan untuk berteduh para pengunjung disediakan bak sampah agar mereka membuang sampah ditempat yang disediakan. Namun sepertinya masih banyak yang kurang peduli dengan lingkungan dan masih ada yang membuang sampah di sembarang tempat.

Bendera Peringatan Di Pantai Marengan Banyuwangi

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Marengan Banyuwangi belum tersedia atau tidak disediakan karena berada di dalam kawasan Taman Nasional untuk menjaga kelestarian alam. Pengunjung yang membutuhkan fasilitas toilet dan mushola bisa menggunakannya di pos penjagaan taman nasional di dekat dermaga perahu. Selain itu disenpanjang jalan menuju ke pantai disediakan tong dan kantong sampah agar pengunjung dapat membuang sampah ditempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan. Secara keseluruhan Pantai Marengan masih menjadi daya tarik utama wisata pantai di dalam kawasan wisata Blok Bedul atau Mangrove Bedul karena jarak tempuhnya paling pendek dibandingkan pantai lain yang yang berada di dalam kawasan wisata tersebut. Sedikit saran bawalah perbekalan saat menuju ke pantai ini karena tidak ada penjual makanan dan minuman di area pantai. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Marengan (Pantai Bedul)
Taman Nasional Alas Purwo, dusun Bloksolo, desa Sumber Asri, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
parkir Mobil: Rp 5.000,-
Penyebrangan Perahu: Rp 5.000,-
Sewa Perahu: Rp 70.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. christina budi:

    jenenge pantai marengan to..aku tau mrono nggo sepeda pancal om..mancal tekan pinggir pantai..asikk lohh..

Kirim pendapat