Pantai Manyar Gianyar, Salah Satu Spot Fotografi dan Berselancar Di Bali

Pantai Manyar Gianyar, Salah Satu Spot Fotografi dan Berselancar Di Bali
2.5 (50%) 4 votes

Pantai Manyar merupakan daya tarik wisata pantai yang berada di kabupaten Gianyar Bali. Keberadaan pantai ini cukup dikenal oleh para peselancar dan pecinta fotografi alam. Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini adalah ombak yang cukup besar dan sebagai salah satu tempat menikmati matahari terbit.

Pantai Manyar (Manyar beach) terletak di banjar Manyar, desa Ketewel, kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali.

Tangga Turun Pantai Manyar Gianyar Bali

Lokasi Pantai Manyar berada di daerah Ketewel Gianyar dan sering disebut sebagai Pantai Ketewel. Rute menuju ke Pantai Manyar Gianyar dari Denpasar ke arah timur keluar dari kawasan kota dapat melewati Jalan By Pass Ngurah Rai atau Jalan Gatot Subroto. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di perbatasan kota Denpasar yang terdapat patung Titi Banda, kemudian pilihlah jalan ke arah timur melewati jalan raya penghubung antara kotamadya Denpasar dengan kabupaten Klungkung. Ikuti jalan raya penghubung antara Denpasar dengan Klungkung yang dinamakan Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (Bypass IBA Mantra) hingga tiba di persimpangan Ketewel. Pilihlah jalan ke arah kanan atau ke selatan dan susurilah jalan kecil tersebut hingga tiba di area Pantai Manyar.

Karang Pantai Manyar Gianyar Bali

Pantai Manyar Gianyar merupakan pantai landai dengan kontur pantai berbatu karang di sepanjang tepi pantainya. Area pantai berpasir nyaris tidak terlihat di dalam kawasan pantai ini. Posisi pantai ini yang menghadap ke arah timur cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit atau sunrise. Gelombang ombak pantai ini cukup besar sehingga sering digunakan sebagai tempat olahraga selancar atau surfing. Sepanjang tepi pantai dibangun tanggul penahan ombak untuk menahan abrasi dan pada bagian atasnya dibangun jalan berpaving yang dapat digunakan sebagai sarana jogging pengunjung. Model jalan berpaving dan penahan ombak di tepi pantai ini mirip seperti di tepi Pantai Sanur Bali.

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Manyar Gianyar tidak selengkap obyek wisata lain yang terkenal di Pulau Bali. Area parkir yang disediakan cukup sempit dan hanya dapat menampung beberapa buah kendaraan beroda empat saja. Bale-bale atau gasebo hanya dibangun di sekitar area parkir saja karena tidak ada lahan lain disepanjang tepi kawasan pantai. Namun keberadaan bale-bale tersebut cukup digunakan sebagai tempat bersantai dan berteduh dari sengatan sinar matahari.

Pemancing Di Pantai Manyar Gianyar Bali

Pantai Manyar Gianyar pada pagi hari sering dikunjungi oleh para fotografer yang mengabadikan keindahan alam atau landscape. Batuan karang yang besar dan membentuk pola dipadu dengan keindahan matahari terbit menjadi daya tarik utama fotografer landscape untuk dapat berburu foto di kawasan pantai ini. Pantai ini kerap kali menjadi alternatif pilihan berburu foto matahari terbit selain Pantai Sanur dan Pantai Karang yang setiap hari sudah dibanjiri para fotografer dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kondisi Pantai Manyar berbeda pada sore hari dimana pantai ini banyak dikunjungi oleh para pemancing yang merupakan warga setempat untuk mengisi waktu luangnya di sore dan malam hari. Keramaian pengunjung kawasan pantai ini terlihat pada akhir pekan atau hari libur yang lebih didominasi oleh warga masyarakat Bali. Secara keseluruhan Pantai Manyar dapat menjadi alternatif wisata di wilayah timur Denpasar atau Gianyar Bali dengan daya tarik yang tidak kalah indahnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Manyar
Banjar Manyar, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Retribusi Parkir: Rp 2.000,-

Kirim pendapat