Pantai Mangetan, Pantai Tapal Batas Jogja-Jateng

Pantai Mangetan atau ada yang menyebutnya sebagai Pantai Dadapan merupakan pantai yang terdapat tapal batas antara kabupaten Wonogiri dengan kabupaten Gunungkidul (DIY). Pantai ini juga disebut sebagai pantai paling barat Wonogiri karena hampir seluruh wilayah pantai ini masuk dalam wilayah Wonogiri. Kondisi pantai ini masih alami dan jarang dikunjungi manusia karena sulitnya akses dan ketiadaan papan petunjuk arah menuju pantai ini.

Pantai Mangetan terletak di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jalan Setapak Menuju Pantai Mangetan Wonogiri

Lokasi Pantai Mangetan berada di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Akses menuju pantai ini lebih mudah melalui kabupaten Wonogiri karena berdekatan dengan kawasan wisata pantai Wonogiri yaitu Pantai Sembukan. Untuk menuju pantai ini lebih mudah membawa kendaraan beroda dua karena diperkirakan akan melewati jalanan yang sempit dan tidak dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat.

Rute menuju Pantai Mangetan (Dadapan) dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari Gunungkidul. Dari kota Wonosari ikuti jalan utama ke arah timur menuju Pantai Sadeng. Setelah melewati tebing Sungai Bengawan Solo Purba dan sebelum retribusi Pantai Sadeng ada pertigaan kecil yang mengarah ke Wonogiri atau Pantai Sembukan. Ikuti jalan menuju ke arah Pantai Sembukan tersebut hingga memasuki area pemukiman warga sebelum pos retribusi masuk. Tanyalah mengenai lokasi Pantai Mangetan atau Pantai Dadapan dimana jalan yang dilalui melewati sebuah gang masuk pemukiman penduduk.

Baca Juga  Pantai Kesirat atau Gesirat Gunungkidul, Pohon Unik Di Tepi Tebing laut

Annosmile Di Tapal Batas Jogja-Jateng Di Dekat Pantai Mangetan Wonogiri

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan cor semen di tengah-tengah pemukiman warga dan jalan tanah berbatu melewati ladang pertanian milik warga. Pada sebuah mushola ada pertigaan kecil ambil jalan ke arah kiri. Bila belum yakin silakan kembali tanya kepada penduduk yang ada di sekitar. Ujung jalan tanah yang dilalui ini mengarah ke kawasan pantai kecil bernama Pantai Nglojok dan Pantai Jujugan. Posisi Pantai Mangetan berada tepat disebelah barat kedua pantai tersebut dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Pemandangan Pantai Mangetan Wonogiri

Untuk mengetahui jalan setapak menuju Pantai Mangetan atau dikenal dengan penduduk setempat sebagai Pantai Dadapan, kita harus bertanya kepada penduduk sekitar yang sedang berladang. Kendaraan dapat diparkir di tepi jalan yang sedikit teduh dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Sebelum memasuki kawasan Pantai Mangetan, bila Anda jeli akan melihat sebuah pal putih atau patok batas wilayah di tengah-tengah area ladang penduduk. Dari patok ini tinggal beberapa menit tiba di kawasan Pantai Mangetan.

Pemberian nama Pantai Mangetan mungkin berasal dari warga Gunungkidul karena masyarakat sekitar (Wonogiri) lebih mengenal dengan nama Pantai Dadapan. Nama Mangetan mungkin memiliki arti me– (lebih/paling) dan ngetan (timur) atau disambung menjadi pantai paling timur. Sedangkan nama Dadapan mungkin pada jaman dahulu banyak ditemukan pohon dadap di tepi pantai. Jejak pohon dadap di tepi pantai ini masih tersisa walaupun terhitung jarang.

Baca Juga  Pantai Pidaan Pacitan, Keelokan Pantai Berbatu Kerikil Putih

Tapal Batas Jogja-Jateng Di Atas Tebing Pantai Mangetan Wonogiri

Pantai Mangetan tidak jauh beda dengan pantai-pantai lain di sekitar kabupaten Wonogiri. Pantai ini memiliki garis pantai yang lebih sempit dibandingkan dengan Pantai Sembukan. Pasir pantai berwarna putih dan diapit oleh bebatuan karang di sisi kanan dan sisi kiri pantai. Kondisi pantai ini terlihat masih alami dan jarang dijamah oleh manusia. Tidak tampak aktivitas lain di sekitar kawasan pantai ini. Hal yang sedikit merusak pemandangan adalah keberadaan sampah yang terdampar di tepi pantai. Sepertinya sampah-sampah tersebut terbawa oleh ombak saat sedang pasang tinggi.

Pada sisi barat Pantai Mangetan terdapat sebuah bongkahan batu yang diatasnya terdapat pal putih atau patok perbatasan wilayah. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar kawasan pantai ini merupakan milik atau wilayah kabupaten Wonogiri. Sedangkan sisi barat dari patok tersebut baru termasuk wilayah kabupaten Gunungkidul. Menurut informasi dari warga sekitar ada beberapa patok perbatasan di sekitar wilayah tersebut.

Pemandangan Sisi Timur Pantai Mangetan Wonogiri

Secara keseluruhan Pantai Mangetan atau Pantai Dadapan hanya menarik dengan keberadaan tapal batas wilayah antar kabupaten dan antar provinsi. Bentang alam yang ada masih terlihat alami namun masih kalah menarik dibandingkan Pantai Sembukan yang terdapat disebelah timurnya. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat ini ingin melakukan penelitian keberadaan tapal batas tersebut dan biasanya berasal dari kampus atau para mahasiswa. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat