Pantai Mancingan Baru, Spot Mancing di Kawasan Pantai Parangtritis

Pantai Mancingan Baru merupakan pemekaran dari kawasan wisata Pantai Parangtritis. Namanya jarang dikenal karena kurangnya promosi wisata dan sebagian orang masih menganggap kawasan pantai ini sebagai Pantai Parangtritis. Hal ini tidak salah namun akhirnya usaha pemekaran kawasan pantai menjadi sia-sia. Menurut informasi yang beredar kawasan pantai ini menjadi lokasi favorit untuk memancing di pantai/laut.

Pantai Mancingan Baru terletak di kawasan wisata Pantai Parangtritis. Pantai yang baru dikembangkan ini merupakan pemekaran dari kawasan Pantai Parangtritis yang bertujuan memunculkan kawasan wisata pantai yang terpadu dan modern.

Kompleks Parkir dan Warung di Pantai Mancingan Baru Bantul

Lokasi Pantai Mancingan Baru terletak disebelah barat Pantai Parangtritis yang ramai dikunjungi wisatawan dan disebelah timur Pantai Parangkusumo. Batas antara kedua pantai tersebut hanya berupa selokan atau sungai kecil yang tampak mengering ketika musim kemarau. Beberapa informasi menyebutkan bahwa Pantai Mancingan Baru cocok digunakan sebagai kawasan wisata alternatif di Pantai Parangtritis karena masih sepi walaupun saat ini masih kurang promosi.

Area parkir Pantai Mancingan Baru tidak seluas Pantai Parangtritis namun area parkirnya telah ditata rapi dan dipaving. Di area parkir dibangun beberapa bangunan permanen yang berfungsi sebagai sarana dan prasarana pantai. Di dalamnya terdapat warung penjual makanan dan minuman sebagai kawasan kuliner yang ditata rapi dan bersih. Dari jenis makanan laut, tradisional, dan modern ditawarkan di area warung tersebut. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tarif makanan tertempel jelas di depan warung. Anda tidak perlu takut untuk mencicipinya seperti ketakutan saat membeli makanan di kawasan pantai Parangtritis yang terlihat kurang bersih dan mahal.

Baca Juga  Asal Usul Sleman

Pantai Mancingan Baru terletak di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Kegiatan Memancing di Pantai Mancingan Baru Bantul

Fasilitas lain yang ditawarkan Pantai Mancingan Baru adalah kamar mandi yang bersih, musholla, gardu pandang, dan panggung hiburan yang terletak di ujung area bangunan yang dekat dengan laut. Saat ini kawasan Pantai Mancingan Baru rutin digunakan untuk acara Festival Peh Cun setiap tahun dan pentas seni setiap hari libur. Posisi pantai dari area kompleks bangunan Pantai Mancingan Baru berada di bagian bawah sehingga kita harus menuruni tangga untuk menuju ke tepi laut. Hamparan pasir pantai sama dengan kawasan Pantai Parangtritis yang terletak satu kompleks namun terlihat lebih bersih. Perbedaannya adalah kita jarang menemukan transportasi bendi (dokar kuda) ataupun ATV seperti di Pantai Parangtritis.

Yang terlihat unik di Pantai Mancingan adalah pada waktu-waktu tertentu banyak orang melakukan aktivitas memancing di kawasan pantai ini. Sesuai dengan namanya, Pantai Mancingan Baru sejak dahulu memang digunakan sebagai salah satu lokasi memancing bagi sebagian orang yang hobi memancing. Menurut informasi karena lokasi pantai dekat dengan palung laut yang dalam, banyak terdapat ikan di dalamnya. Saat saya datangi salah seorang yang sedang memancing, sudah banyak hasil tangkapan ikan meskipun ukurannya kecil-kecil. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat