Pantai Lolang Gunungkidul, Pantai Kecil Yang Jarang Terjamah

Pantai Lolang Gunungkidul, Pantai Kecil Yang Jarang Terjamah
3.5 (70%) 4 votes

Pantai Lolang merupakan salah satu kawasan pantai di Gunungkidul yang masih tergolong alami dan belum terkena imbas pembangunan kawasan wisata. Keberadaan pantai ini jarang diketahui karena dahulu merupakan bagian dari Pantai Sepanjang. Pemekaran kawasan pantai di Gunungkidul membuat Pantai Lolang berdiri sendiri dan lepas dari kawasan Pantai Sepanjang.

Pantai Lolang terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pantai Lolang Gunungkidul Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Lolang Gunungkidul berada di sisi sebelah barat Pantai Sepanjang yang dibatasi sebuah bukit karang. Akses jalan untuk menuju ke Pantai Lolang dengan mengikuti jalan di sisi barat Pantai Sepanjang. Kondisi jalan sudah beraspal halus hingga sebuah pertigaan kecil dan dilanjutkan dengan jalan berbatu. Ikuti jalan berbatu tersebut menuju ke arah bukit sisi barat Pantai Lolang yang akan dibangun sebuah resort. Sebenarnya kawasan pantai yang dilewati jalan berbatu tersebut merupakan kawasan Pantai Lolang. Hanya saja kawasan Pantai Lolang yang akan dituju adalah bagian pantai yang landai dan berpasir putih.

Pohon Khas Pantai Lolang Gunungkidul

Sebagian besar kawasan Pantai Lolang Gunungkidul adalah berupa tebing setinggi 10-15 meter dan sedikit berupa pantai landai berpasir. Posisi Pantai Lolang yang landai dan berpasir berada di sisi sebelah barat dekat dengan area parkir resort. Tepatnya berada dibawah sebuah jembatan yang menghubungkan dua buah tebing. Kendaraan pengunjung pantai ini dapat diparkir di dekat jembatan tersebut atau di area parkir resort. Selanjutnya dengan menuruni tangga kecil disamping jembatan yang kondisinya lebih landai dibandingkan tebing yang ada disekitarnya,

Pasir dan Batuan Karang Pantai Lolang Gunungkidul

Bagian Pantai Lolang Gunungkidul yang landai dan berpasir putih ini memiliki lebar pantai kurang dari 50 meter. Pantai ini diapit dua buah tebing yang banyak terdapat karang di tepi pantai dan sedikit menjorok ke arah laut. Hal ini sangat bertolak belakang dengan Pantai Sepanjang di sebelah timurnya yang disebut sebagai pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Kondisi ini mengingatkan kawasan pantai kecil lain di Gunungkidul seperti Pantai Torohudan dan Pantai Wohkudu.

Tebing Sisi Timur Pantai Lolang Gunungkidul

Pemandangan pantai Lolang ini terbilang masih alami, indah khas pantai selatan, dan jarang terjamah manusia. Tanaman liar dan pohon pandan laut tumbuh subur di kedua sisi bukit karang. Ditengah teriknya sinar matahari, kami masih dapat berlindung dibalik rindangnya pohon yang tumbun di tepi pantai. Pasir Pantai Lolang sedikit berbeda dimana butirnya masih kasar dan tercampur dengan pecahan dari cangkang biota laut. Kondisi pasir pantai terbilang bersih dan sedikit sampah yang ada diperkirakan berasal dari sampah laut yang terdampar. Pantai Lolang ini cukup nyaman untuk dikunjungi karena masih sepi dan serasa pantai milik sendiri.

Saat ini Pantai Lolang masih tergolong alami dan belum ramai dikunjungi wisatawan. Kami cukup nyaman bersantai di pantai yang masih alami dan minim fasilitas. Entah bagaimana beberapa tahun kedepan ketika resort di bukit sebelah barat pantai Lolang selesai dibangun. Selain itu Pantai Sepanjang yang saat ini diproyeksi sebagai kawasan wisata baru tentu akan berimbas pengembangan kawasan wisata di tempat ini. hal yang perlu diperhatikan adalah diharapkan kesadaran wisatawan dan pengunjung pantai ini untuk menjaga kebersihan agar lingkungan pantai tetap indah dan lestari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Lolang
Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 10.000,-/orang (tiket terusan)
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ronny Dee:

    Pantainya masih ori nih, beda ama pantai carnival di Ancol yang saya sering kunjungi pasir putihnya buatan alias tambahan

  2. Amin_Gro:

    Kalau pantai selatan, saya hanya perbah berkunjung ke Parang Tritis saja Mas, belum kenal pantai lolang atau long long, hehehe….salam. Kalau ke pantai selatan yang dituju ya Parang Tritissss terus, minggu kemarin aja saya bersama rombongan juga kesana, dalam acara halal bihalal dari instansi kantor istri saya.

  3. attayaya:

    lho kok profijo ga ngajak kami kesini ya

    jiahahahaha

  4. mila:

    huh! gombal.. cerita2 doang, pas aku ke jogja dirimu gak ada. pret!

  5. Dara Suci Amini:

    Bisa but camp ngga gan?

    • admin:

      Hi Dara Suci Amini, bisa dipakai buat camping kak :-)

  6. Jarwadi MJ:

    Sepertinya pantai lolang ini cocok untuk pacaran hehehe

Kirim pendapat