Pantai Kuncir Pacitan, Pantai Yang Penuh Cerita Mistis

Pantai Kuncir Pacitan, Pantai Yang Penuh Cerita Mistis
2.7 (53.33%) 3 votes

Pantai Kuncir merupakan kawasan pantai yang dianggap masyarakat sekitar sebagai kawasan pantai yang terpisah dari Pantai Pidaan Pacitan. Keberadaan pantai ini masih dianggap mistis atau angker oleh masyarakat setempat. Konon ada penunggu gaib yang menjaga dan merawat kawasan pantai tersebut. Daya tarik pantai ini adalah pantai berkarang dengan beberapa bongkahan batu karang raksasa di tepi laut.

Pantai Kuncir berada di dusun Godek Kulon, desa Jetak, kecamatan Tulakan, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Pidaan.

Batu Karang Di Tepi Pantai Kuncir Pacitan

Lokasi Pantai Kuncir berada di sebelah barat Pantai Pidaan dan sebenarnya keduanya masih satu kawasan. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Pacitan ke arah timur melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Perhatikan papan petunjuk arah di sebelah kanan jalan menuju ke arah Pantai Pidaan. Gang masuk menuju Pantai Pidaan merupakan jalan sempit namun kondisinya sudah beraspal baik. Pengunjung Pantai Pidaan ditarik retribusi masuk yang dikelola masyarakat setempat. Selanjutnya ikuti jalan beraspal yang melewati tepi Pantai Pidaan ke arah barat. Carilah parkir kendaraan di ujung jalan dan lanjutkan dengan berjalan kaki ke balik tebing karang bagian barat yang membatasi antara Pantai Kuncir dengan Pantai Pidaan.

Bangkai Pohon Di Pantai Kuncir Pacitan

Nama Pantai Kuncir berasal dari keberadaan batu-batu karang raksasa yang dinamai ‘watu kuncir‘. Watu Kuncir memiliki bentuk mirip seperti kepala manusia yang rambutnya dikuncir. Selain itu pantai ini memiliki cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon pada pagar alam berupa batu karang raksasa yang membatasi Pantai Kuncir dengan Pantai Pidaan bersemayam penunggu gaib yang menjaga dan melindungi kawasan pantai. Penunggu gaib tersebut akan menampakkan diri kalau ada yang merusak atau berbuat jahil di kawasan pantai ini.

Pantai Kuncir Pacitan merupakan kawasan pantai yang menghadap ke arah timur sedangkan Pantai Pidaan menghadap ke arah selatan. Pantai ini cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit atau sunrise. Karakteristik pantai ini berbeda dibandingkan dengan Pantai Pidaan yang ada disebelah timurnya. Pantai ini didominasi oleh bebatuan karang berbentuk bulat yang hampir memenuhi seluruh kawasan pantai. Bahkan terdapat beberapa bongkahan batu karang raksasa yang letaknya berada sedikit menjorok ke laut. Saat ombak sedang surut seluruh batuan karang yang berada di kawasan pantai tersebut terlihat jelas. Aktivitas sering tampak saat ombak surut adalah para petani yang mencari kerang diantara bebatuan pantai.

Pemandangan Sisi Barat Pantai Kuncir Pacitan

Saat ombak Pantai Kuncir Pacitan sedang pasang, seluruh area pantai tenggelam oleh air laut dan hanya menyisakan area tebing. Gelombang pasang air laut pantai selatan cukup besar dan sering menghantap tepian tebing yang berdekatan dengan akses jalan. Tidak heran banyak pohon tumbang di tepi pantai akibat kikisan atau abrasi dari ombak laut tersebut.

Pengunjung Pantai Kuncir diharapkan menjaga tata krama dan tidak melanggar pantangan yang ada. Selain itu pengunjung diharapkan menjaga kebersihan lingkungan dengan membawa sampah kembali ke area parkir dan membuangnya di tempat sampah. Secara keseluruhan pantai ini dapat dijadikan sebagai wisata pelengkap pantai Pidaan dan lokasi menikmati matahari terbit karena menghadap ke arah timur. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Kuncir
Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: -
Parkir Mobil: -

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jarwadi MJ:

    jadi kalau ke sana sebaiknya kalau laut sedang tidak pasang ya kak? tapi cara tahu pasang atau surutnya bagaimana?

  2. bersapedahan:

    pantai berbatu … bagus banget untuk foto2
    bentuk2 batunya selalu unik

  3. cumilebay.com:

    Cakep pantai nya dengan batu2 dan ;angit biru

  4. febru kresnanto:

    wuiz..lma g motret bareng…hehehehe…agendakan bro….

Kirim pendapat