Pantai Kukup, Tanah Lot Mini Dari Gunungkidul

Lama tidak mengunjungi pantai selatan di Gunungkidul akhirnya kami berangkat menuju ke salah satu pantai yang bernama Pantai Kukup. Pantai Kukup merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang sudah cukup terkenal dan menjadi tujuan wisata andalan di kabupaten Gunungkidul dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron.

Keramaian Pantai Kukup Gunungkidul

Perjalanan ke Pantai Kukup cukup mudah ditempuh meskipun cukup jauh dari kota Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, kami melewati kawasan Bukit Patuk, kota Wonosari, dan berbelok ke selatan untuk menuju ke kawasan pantai selatan Gunungkidul. Memasuki gerbang kawasan Pantai Kukup, kami memarkir kendaraan ditempat yang disediakan.

Kami berjalan menyusuri jalan kecil untuk menuju ke tepi pantai. Dalam perjalanan, kami melihat ada penjual oleh-oleh dan cinderamata berupa pakaian bertuliskan obyek wisata Pantai Kukup, beberapa kerajinan khas pantai, dan beberapa jenis makanan khas tepi pantai. Yang sedikit berbeda dengan kawasan pantai lain, di Pantai kukup terdapat beberapa penjual ikan hias yang diletakkan di kolam-kolam pada tepi jalan. Beberapa wisatawan yang melewatinya ada yang tertarik melihatnya dan sebagian membelinya untuk dipelihara dirumah.

Tangga Menuju Pulau Karang Pantai Kukup Gunungkidul

Cukup banyak jenis ikan hias yang ditawarkan oleh pedagang ikan dan semuanya merupakan ikan yang hidup di air asin atau air laut. Beberapa diantaranya cukup mahal karena sulit ditemukan dan ditangkap. Ikan-ikan hias tersebut diperoleh dari hasil mencari ikan yang tersangkut diantara karang Pantai Kukup saat ombak sedang surut.

Baca Juga  Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta, Tempat Ngopi Favorit Para Mahasiswa

Pengunjung pantai juga diperbolehkan mencari sendiri diantara bebatuan karang tepi pantai saat air laut sedang surut. Cukup banyak penjual jaring kecil penangkap ikan di tepi pantai sehingga tidak perlu repot membawa dari rumah. Namun diharapkan harus berhati-hati dengan ombak laut yang kadang datang secara tiba-tiba.

Pemandangan dari Pulau Karang Pantai Kukup Gunungkidul

Saat kondisi Pantai Kukup sedang surut, terlihat dasar laut yang tersusun atas batuan karang dan lumut yang menempel pada karang sehingga memantulkan warna hijau yang cukup indah. Di ujung karang yang surut terlihat beberapa nelayan sedang mencari cacing laut yang bersembunyi dibalik batu karang.

Beberapa pengunjung Pantai Kukup tampak berkeliling sekitar karang mencoba mencari ikan-ikan kecil yang bersembunyi diantara celah-celah karang yang terseret ombak ketika air laut pasang. Mereka lebih memilih mencari ikan laut sendiri ketimbang membelinya di pasar ikan hias. Sebagian wisatawan lain tampak bermain air di cekungan karang yang dipenuhi air laut.

Ombak Pantai Kukup Gunungkidul

 

Di sebelah timur Pantai Kukup terdapat sebuah pulau kecil yang dibagian atasnya terdapat sebuah bangunan dan terdapat jembatan yang menghubungkan antara pulau tersebut dengan tebing pantai. Daratan yang terdapat di bawah jembatan akan tertutup air laut saat terjadi pasang. Pemandangan ini mirip dengan Pulau Pura Tanah Lot yang terdapat di Pulau Bali.

Pulau kecil yang terdapat di tepi pantai itu menjadi ciri khas pantai Kukup dan banyak promosi wisata ke pantai Kukup dengan foto pulau kecil tersebut berlatar lautan yang luas. Setelah puas bermain air di area karang Pantai Kukup, kami langsung bergegas mencari tangga naik ke atas tebing untuk menuju ke atas pulau kecil tersebut.

Baca Juga  Jembatan Plunyon Kalikuning Sleman, Kondisi Setelah Erupsi Merapi

Ketika tiba di atas pulau kecil tersebut, kami bisa menikmati deburan dan ganasnya ombak pantai Kukup ketika sedang pasang. Dari tempat ini kita juga dapat menikmati pemandangan tebing karang tepi pantai dari kejauhan. Namun sayang, kondisi bangunan diatas pulau kurang terawat dan banyak sampah yang tidak dibersihkan.

Bila posisi matahari berada di sebelah selatan, kita bisa menikmati matahari terbenam dari Pantai Kukup. Tidak heran bila pantai ini menjadi salah satu tempat favorit menikmati pemandangan matahari terbenam yang tidak jauh dari pusat kota Wonosari. Di pantai ini juga terdapat fasilitas lain seperti warung makan, pasar ikan segar, dan kamar mandi. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Parkir Motor = Rp3.000,-/orang

Tiket terusan di pintu Pantai Baron = Rp 10.000,-/orang

== Rute Pantai Kukup

Dari kota Wonosari ke arah selatan menuju Kawasan Wisata Baron-Kukup-Krakal. Ketika sampai pertigaan ambil jalan ke kiri menanjak melewati bukit. Lokasi pantai Kukup berada dibalik bukit.

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PROF:

    halah, ra mampir….

  2. Rp. Laksono (Priyo):

    aku sdh kesana dri P. suing, p.krakal sampai p. kukup pemandangan nya sangat indah, jaraknya antar pantei tdk bgtu jauh yg jauh dri jogja ke wonosari smpai peg. batu ke pantaei agak jauh >75 km.
    Selama perjalanan aman, sepi, kanan kiri peg. br batu2an.
    klo dipos ada yg jga bayar dulu retribusi jalan cma kurang dari 4 rb an. pulang lewat imogiri jalurnya agak berliku turun peg. tpi aman…. selamat berwisata….

  3. Febri:

    Wawwwwww … Kereeeeeeeeen

Kirim pendapat