Pantai Krokoh Gunungkidul, Pantai Tersembunyi Di Timur Pelabuhan Sadeng

Pantai Krokoh Gunungkidul, Pantai Tersembunyi Di Timur Pelabuhan Sadeng
4 (80%) 3 votes

Pantai Krokoh Gunungkidul merupakan kawasan pantai alami yang berada di sebelah timur Pantai Sadeng. Beberapa tahun yang lalu pantai ini sempat disebut sebagai pantai paling timur di Gunungkidul. Namun hal tersebut terbantahkan ketika muncul nama pantai baru sebagai pantai tapal batas di timur Gunungkidul. Secara geografis pantai ini diapit oleh dua tebing karang yang cukup tinggi dan berpasir putih.

Pantai Krokoh terletak di dusun Putat, desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai Krokoh merupakan kawasan pantai tersembunyi di sebelah timur Pantai Sadeng.

Jalan Setapak Menuju Pantai Krokoh Gunungkidul

Lokasi Pantai Krokoh berada di balik perbukitan sisi sebelah timur dari Pantai Sadeng Gunungkidul. Letaknya cukup tersembunyi karena tidak ada papan petunjuk arah menuju ke lokasi pantai ini. Pengunjung yang ingin menyambangi pantai ini harus berulangkali bertanya kepada penduduk setempat tentang rute dan arah jalan menuju pantai ini. Akses jalan menuju Pantai Krokoh satu-satunya hanya melewati jalan kecil di sebelah pelabuhan Pantai Sadeng.

Kondisi jalan dari pusat kota Wonosari kabupaten Gunungkidul hingga Pantai Sadeng sudah beraspal baik dan lebar. Namun dari kawasan Pantai Sadeng menuju Pantai Krokoh kondisi jalan masih berupa jalan cor semen hingga desa paling akhir sebelum menuju ke arah pantai. Selanjutnya dari desa paling akhir menuju ke kawasan Pantai krokoh masih berupa jalan setapak berbatu dengan medan naik turun. Sedikit informasi, kendaraan roda empat dapat dibawa hingga kawasan pemukiman penduduk atau desa paling akhir.

Jalan Setapak Sebelum Memasuki Kawasan Pantai Krokoh Gunungkidul

Kendaraan pengunjung Pantai Krokoh dapat dititipkan di pemukiman penduduk di desa terakhir atau di ujung jalan cor semen. Penduduk setempat cukup ramah dengan pengunjung pantai dan mempersilakan mereka untuk parkir di halaman rumahnya. Pengunjung pantai ini tidak perlu khawatir dengan kendaraan mereka yang terparkir di halaman rumah penduduk karena lingkungan sekitar cukup aman. Namun diharapkan pengunjung mengunci kendaraan dan tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Perjalanan menuju Pantai Krokoh dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di ujung jalan cor semen. Sebetulnya beberapa ratus meter jalan setapak yang dilalui dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua namun nantinya kendaraan roda dua tersebut harus diparkir di tepi jalan tanpa ada penjagaan. Pengunjung akan dihibur dengan pemandangan ladang penduduk di sisi kiri dan reribunan pohon dan semak belukar di sisi kanan.

Pemandangan Pantai Krokoh Gunungkidul Sisi Timur

Waktu tempuh perjalanan menyusuri jalan setapak dari desa terakhir menuju ke lokasi Pantai Krokoh sekitar 30-45 menit. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke pantai ini namun akhirnya terbayar dengan pemandangan pantai yang cukup indah. Siapa sangka bahwa dibalik perbukitan sebelah timur Pantai Sadeng terdapat kawasan pantai yang indah seperti pantai milik pribadi.

Kawasan Pantai Krokoh Gunungkidul merupakan kawasan pantai landai yang berpasir putih. Pada bagian dasar laut yang terlihat saat air laut sedang surut batu karang yang banyak ditumbuhi oleh rumput laut dan ganggang laut. Kondisi lingkungan masih sangat alami dan belum mengalami pembangunan apapun. Bisa dibilang Pantai Krokoh masih sangat perawan dan jarang sekali dijamah oleh manusia.

Pemandangan Pantai Krokoh Gunungkidul Sisi Barat

Disebelah kanan dan kiri pantai terdapat bukit karang yang cukup tinggi dan mengarah ke tangah samudera. Sepertinya mustahil untuk berjalan menyusuri tepi pantai untuk tiba ujung tebing karang. Diantara bukit atau tebing karang tersebut terdapat lubang horizontal atau goa sebagai tempat tinggal kelelawar (kalong) dan sarang burung walet. Belum ada informasi apakah goa tersebut pernah dimasuki manusia atau sama sekali belum terjamah.

Nelayan Pencari Ikan Di Pantai Krokoh Gunungkidul

Menjelang sore hari di Pantai Krokoh terlihat beberapa pemancing atau nelayan dari warga sekitar yang memasang jebakan untuk mendapatkan lobster dan memancing gurita. Kawasan Pantai Krokoh yang banyak terdapat tebing karang di tepi laut dalam cukup berpotensi menjadi tempat tinggal lobster. Selain itu populasi gurita sering mengitari lautan disekitar pantai ini. Para pemancing tersebut jumlahnya hanya sekitar dua hingga lima orang saja.

TeamTouring Di Pantai Krokoh Gunungkidul

Pantai Krokoh Gunungkidul memberikan daya tarik berupa pantai alami yang jarang sekali terjamah manusia. Letaknya cukup jauh dari pusat kota dan minimnya informasi membuat pantai ini menjadi tidak dikenal dan kurang terekspose. Kondisi semacam ini sebaiknya dibiarkan saja dan harapan kedepannya pantai ini masih tergolong pantai yang perawan dan alami. Pengunjung yang datang ke pantai ini diharapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak mengambil sesuatu apapun kecuali gambar. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Krokoh
Dusun Putat, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Idah Ceris:

    Bentar lagi bakal terkenal kok, kan sudah diekspose team touring. .. :D

  2. angki:

    wah mantap mas ano josh dah….

  3. Selice Fernandes Tavares Leite:

    kak mau tanya,, di pantai ini kira-kira ada Gastropoda nya ngak?

Kirim pendapat