Sejenak di Pantai Krakal

Rate this post

Berwisata ke Pantai Baron dan Kukup tidak lengkap kalau tidak menengok Pantai Krakal yang terletak di sebelah timur dari Pantai Kukup. Setelah cukup puas menikmati keindahan Pantai Kukup, kami menyempatkan untuk mengunjungi Pantai Krakal.

Pantai Krakal merupakan alur wisata dari kunjungan wisata ke pantai Baron dan pantai Kukup Dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, atau 65 kilometer dari kota Yogyakarta. Terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantainya landai berpasir putih yang terhampar sejauh 5 kilometer.

TeamTouring in Krakal Beach

Kendaraan kami melaju menyusuri jalanan yang cukup sempit dan bergelombang untuk menuju ke Pantai Krakal. Butuh waktu sekitar 5 menit untuk tiba ke Pantai Krakal karena lokasinya cukup jauh dari Pantai Kukup dan melewati pantai Drini yang merupakan pantai tempat para nelayan melaut dan tinggal.

Pantai ini struktur sedikit berbeda dengan Pantai Baron dan Pantai Kukup. Pantai Krakal ini tidak terdapat tebing karang yang menjulang tinggi bahkan pulau karang di tepian pantai seperti yang kami temukan di Pantai Kukup. di tepian pantai terlihat pasir pantai yang berwarna putih.

Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang berhembus sangat sejuk dan ombaknya cukup besar. Perjalanan menuju ke pantai ini melintasi bukit-bukit kapur yang diselingi dengan teras-teras batu karang. Hal ini adalah ciri dari daerah karts pegunungan seribu.

Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu. Selain itu, didalam karang di bawah permukaan laut,, masih banyak fosil yang masih dapat ditemukan.

Baca Juga  Mie Ayam Mas Aries, Sajian Mie Ayam Di Dekat Pura Jagatnatha Bantul

Sebagai obyek wisata pelengkap, pengunjung Pantai Krakal ini tidak sebanyak Pantai Baron dan Pantai Kukup. Sehingga pantai ini terlihat sepi dan minim fasilitas pendukung obyek wisata. Selain itu tidak adanya nelayan di pantai ini mengakibatkan tidak ada kuliner makanan laut seperti yang dapat kita temukan di Pantai Baron. (text/foto: annosmile)

== Informasi Tambahan

  • Hotel Sekitar Pantai Krakal

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PRofijo:

    Pantai krakal, pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul

  2. Vempi:

    Assalamualaikum WR.WB

    Wah, klihatane asik tuh…
    temen -temen Green scout SMA N 2 Ngawi insy ngadain susur pantai di situ.
    doain ya.

    Sip. good Job.

    Wassalamualaikum WR.WB

Kirim pendapat