Pantai Klayar Pacitan, Eksotisme Batuan Karang Dan Seruling Samudera

Pantai Klayar merupakan destinasi wisata pantai yang cukup favorit di bagian barat wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pantai ini dikenal memiliki bentang alam yang menarik berupa batuan karang raksasa dan berpasir putih. Selain itu keberadaan Seruling Samudera atau semburan air dari lubang batu cukup memberikan keunikan tersediri yang jarang ditemukan di kawasan pantai yang lain.

Pantai Klayar terletak di desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 35 km ke arah barat dari kota Pacitan.

Pantai Klayar Pacitan Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Klayar berada di sebelah barat wilayah kabupaten Pacitan. Rute paling mudah menuju pantai ini dari arah timur (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek) maupun dari arah barat (Wonogiri, Solo, Yogyakarta) melewati jalur menuju obyek wisata Goa Gong. Bila pengunjung berasal dari arah barat pertama-tama ikuti jalan raya Wonogiri-Ngadirojo-Batu-Donorojo. Selanjutkan kendaraan belok ke kanan ketika memasuki pertigaan Pasar Punung dan ikuti petunjuk arah menuju Goa Gong. Dari kawasan Goa Gong ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Klayar atau Pasar Kalak. Dari pertigaan Pasar Kalak ambil jalan ke arah kiri dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di kawasan pantai.

Area Parkir Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar memiliki cirikhas pantai landai berpasir putih dengan ombak laut selatan yang cukup ganas. Pada sisi sebelah timur terdapat dua buah karang raksasa yang menjorok ke tengah laut dengan bentuk yang unik. Guratan yang terbentuk pada batu karang tersebut konon disebabkan oleh hempasan ombak yang cukup kuat dalam waktu yang cukup lama. Batu karang pada sisi sebelah barat dilarang untuk dinaiki atau dilewati karena cukup berbahaya ketika ombak datang secara tiba-tiba. Sedangkan batu karang sebelah timur diperbolehkan untuk dinaiki ketika ombak sedang surut.

Baca Juga  Alun-Alun Blitar, Salah Satu Daya Tarik Kota Blitar

Ombak Pantai Klayar tergolong cukup ganas karena disekitar batuan karang raksasa tersebut terdapat palung laut yang cukup dalam. Keberadaan palung laut yang ada disekitar pantai membuat pusaran ombak yang cukup besar dan menyebabkan hantaman pada tebing batu karang. Pengunjung dilarang berenang ataupun bermain air disekitar area batu karang tersebut. Beberapa kasus kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa di kawasan pantai ini diakibatkan kelalaian pengunjung sendiri dan tidak patuhnya pengunjung terhadap aturan yang telah ditetapkan pengelola.

Pemandangan Pantai Klayar Pacitan

Fenomena Seruling Samudera atau Seruling Laut melengkapi daya tarik wisata di Pantai Klayar Pacitan. Seruling Samudera yang dimaksud adalah keluarnya bunyi nyaring seperti seruling pada celah batu karang bersamaan dengan keluarnya hembusan air laut. Fenomena ini terjadi ketika ombak pasang menerpa tebing karang yang berlubang atau berongga kemudian air laut tersebut melewati lubang tersebut yang mengarah ke permukaan batu karang. Letak Seruling Samudera ini berada di ujung batu karang yang landai sisi sebelah timur. Pengunjung diperbolehkan mendekati area Seruling Samudera ketika ombak sedang surut dan dengan pengawasan pengelola pantai. Hal ini untuk mengurangi dan menghindari kecelakaan laut yang sering terjadi di kawasan pantai ini.

Seruling Samudera Di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara pada liburan akhir pekan dan musim liburan sekolah. Wisatawan nusantara rata-rata berasal dari Yogyakarta, Surakarta, Wonogiri, Pacitan, Ponorogo, dan sekitarnya. Mereka memilih tempat ini karena pesona wisata pantai yang menarik, alami, dan berbeda dibandingkan pantai lain yang ada didekatnya. Selain itu pantai ini cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit (sunrise) hingga matahari terbenam (sunset).

Baca Juga  Pantai Pidaan Pacitan, Keelokan Pantai Berbatu Kerikil Putih

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Klayar Pacitan mulai dibangun mulai dari akses jalan utama menuju kawasan pantai dan fasilitas umum seperti kamar mandi umum, area parkir, penerangan jalan, dan sebagainya. Beberapa hiburan seperti persewaan ATV mulai banyak disewakan di tempat ini untuk berkeliling area pantai. Warung makanan dan minuman mulai tumbuh subur di tepi pantai dan jumlahnya terus bertambah. Sepertinya perlu dilakukan penataan agar warung-warung tersebut tidak mengganggu pemandangan alam di sekitar pantai. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    penasaran pengen ke pantai ini … unik
    pantainya pasir putih dan bersih … asyikkk

    • admin:

      Hi Bersapedahan,
      Benar mas, silakan dikunjungi kalau meluangkan waktu ke Pacitan Jawa Timur

  2. Nichealeia:

    Wah, pantainya bagus. Kapan2 pengen ke sini.

  3. Gallant:

    waaaa aku belom pernah nih jelajah wonogiri pacitan

Kirim pendapat