Pantai Kesirat atau Gesirat Gunungkidul, Pohon Unik Di Tepi Tebing laut

Pantai Kesirat atau Gesirat Gunungkidul, Pohon Unik Di Tepi Tebing laut
4 (80%) 4 votes

Nama Pantai Kesirat memang terdengar cukup asing bagi sebagian orang namun terdengar biasa bagi kalangan penghobi memancing di laut. Pantai Kesirat merupakan salah satu area favorit digunakan oleh para penghobi memancing di laut karena berbatasan langsung dengan laut dalam.

Pantai Kesirat (Kesirat beach) atau ada yang menyebutnya Pantai Gesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan area memancing favorit di sekitar kecamatan Panggang Gunungkidul.

Jalan Menuju Pantai Kesirat

Rute perjalanan menuju Pantai Kesirat hampir sama dengan rute menuju ke Pantai Gesing namun lebih menantang. Akses terdekat ditempuh dari kota Yogyakarta melewati jalan raya Imogiri-Panggang kemudian dilanjutkan dengan jalan raya Panggang-Saptosari hingga simpangan jalan menuju ke Pantai Gesing. Seperti biasa jalan menuju ke Pantai Gesing tidak semulus jalan menuju ke obyek wisata pantai terkenal, sebagian jalan masih rusak dan belum diperbaiki.

Di dekat simpangan terakhir menuju arah Pantai Gesing, carilah gang jalan masuk kawasan pemukiman penduduk yang bertulisan Pantai Kesirat pada papan bercat biru berukuran kecil. Perjalanan menuju Pantai Kesirat dilanjutkan dengan melewati jalan perkampungan penduduk yang terbuat dari cor semen. Jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan tidak disarankan untuk dilalui kendaraan roda empat.

Pantai Kesirat merupakan salah satu spot memancing populer di sekitar panggang selain Pantai Bekah atau Laut Bekah. Menjelang sore hari banyak pemancing yang mendatangi pantai ini dan bermalam hingga pagi hari.

Pemandangan Pantai Kesirat

Setelah melewati kawasan pemukiman penduduk, perjalanan menuju ke Pantai Kesirat melewati jalan setapak yang sebagian telah dilakukan pengerasan dan cor semen untuk setiap tanjakan dan turunan. Beberapa bagian cor semen mengalami kerusakan karena telah lama tidak diperbaiki. Meskipun belum seluruh akses jalan dibangun dengan cor semen, keberadaan cor semen di setiap tanjakan dan turunan cukup membantu dan mengurangi resiko kecelakaan.

Saat tiba di ujung jalan yang terletak di atas perbukitan, kami sempat kebingungan mencari lokasi Pantai Kesirat karena tidak ada papan petunjuk informasi lokasi pantai tersebut. Kami menemui sekelompok bapak-bapak yang sedang memecah batu kapur untuk membuat pondasi bangunan di ujung jalan. Kami diberitahu bahwa jalan menuju kawasan Pantai Kesirat dengan melewati jalan setapak kecil dibalik rerimbunan pohon didekat kami berhenti.

Bangunan yang sedang dibangun di sekitar Pantai Kesirat rencananya akan digunakan sebagai resort atau villa. Tidak diketahui kapan selesai proses pengerjaannya.

Spot Memancing Kawasan Pantai Kesirat

Kendaraan saya parkir disekitar bangunan villa tersebut berdampingan dengan kendaraan lain. Meskipun tanpa pengawasan, kendaraan yang terparkir cukup aman dari tindak kejahatan. Perjalanan menuju ke Pantai Kesirat dilanjutkan dengan melewati jalan setapak yang telak ditunjukkan oleh bapak-bapak tersebut.

Setelah melewati semak belukar akhirnya tiba di Pantai Kesirat yang semua kawasannya berupa tebing yang sulit untuk turun ke dasar tebing karena terlalu curam dan berbahaya. Dibagian ujung tebing terdapat sebuah pohon yang berukuran cukup besar dimana mirip dengan kondisi Pantai Pok Tunggal. Pohon tersebut merupakan landmark atau daya tarik utama Pantai Kesirat. Pohon besar tersebut cukup nyaman digunakan sebagai tempat berteduh dari panasnya sinar matahari.

Tebing Karang Sebelah Barat Pantai Kesirat

Pada sekumpulan pohon pandan laut disekitar tebing Pantai Kesirat terdapat bekas sisa pembakaran oleh sekelompok orang yang diperkirakan memancing di kawasan ini. Jejak-jejak sisa pembakaran banyak ditemukan di sekitar Pantai Kesirat. Tempat-tempat tersebut biasanya sebagai tempat yang cocok untuk memancing.

Kami mencoba menuju ke sebuah semenanjung kecil yang berada di ujung sebelah timur Pantai Kesirat. Disana kami menemukan bangunan tanpa atap yang terdapat tulisan kelompok nelayan Pantai Kesirat. Dari info yang kami ketahui, Pantai Kesirat juga digunakan untuk menebar jala oleh nelayan setempat untuk mencari udang dan lobster di waktu sore hari. Informasi lain di kawasan Pantai Kesirat terdapat goa yang berada di tebing karang laut namun saya tidak menemukan posisinya.

Pohon Pandan Laut di Pantai Kesirat

Bila diperhatikan, tekstur tebing di sekeliling Pantai Gesirat cukup menarik, di beberapa titik terdapat reruntuhan tebing yang longsor dan diperkirakan akibat dari gempa yang melanda kawasan Jogja dan sekitarnya di tahun 2006. Bongkahan batu yang jatuh ke laut itu berbenturan dengan ombak laut menimbulkan bunyi yang membuat hati kita berdesir.

Pemandangan Pantai Kesirat memang unik dan berbeda sekali dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang pernah kami jelajahi. Bentuk pantai yang semuanya berupa tebing karang tinggi berbatasan dengan laut dalam atau samudera ini menjadi kawasan favorit para nelayan dan pemancing untuk mencari hasil laut. Beberapa hasil laut yang menjadi tangkapan kawasan ini seperti ikan yang berukuran besar, lobster, dan udang. (text/foto: annosmile)

== Tips

  • Bawalah perbekalan cukup ketika berkunjung ke Pantai Kesirat karena tidak ada penjual makanan dan minuman
  • Siapkan stamina terlebih dahulu karena medan perjalanan cukup menguras tenaga.
Rute Pantai Kesirat (Gesirat)

Dari Yogyakarta РJalan Imogiri РJalan Siluk Panggang РJalan Panggang Paliyan hingga menemukan Pohon Beringin Raksasa di tepi jalan ada pertigaan belok ke kanan (sama dengan jalur ke Pantai Gesing) РIkuti jalan aspal terus hingga melewati pasar, kandang ayam, dan menemukan pertigaan ke arah Pantai Gesing РAmbil jalan lurus dan perhatikan kiri jalan ada kandang ayam dan setelahnya ada masjid kemudian belok kiri melewati jalan cor semen Рlurus terus ikuti jalan cor yg berubah menjadi jalan batu Рpertigaan pos kamling lurus terus kembali ke jalan cor semen Рada jalan bercabang setelah turunan dan tanjakan ambil kanan Рterus hingga ujung pantai Рcari jalan setapak melewati semak belukar di kiri jalan hingga menuju ke pohon besar pinggir tebing pantai karena itu patokan  Pantai Kesirat

INFORMASI
Pantai Kesirat
Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    k e r e n

    aku malah belum pernah menginjakan kaki di sini mas

    tapi secara umum aku lebih suka dengan pantai pantai yang belum digarap sebagai tempat wisata :)

  2. dafhy:

    viewnya menarik banget mas. wah bisa direkomendasikan untuk teman-teman pemancing Ponorogo :-)

  3. HeruLS:

    Muantap kakaaak, keep exploring the hidden paradise

  4. naryatours:

    pengen banget kesini tapi lom ada waktu .. keren keren

  5. nasrudin muzakki:

    mas mau tanya, kalo dari jalan imogiri-panggang
    yang paling dekat pantai kesirat atau laut bekah
    kasih info, urutan nama nama pantai bila kita lewat jalan imogiri-panggang,
    matur suwun.. makasih

    • admin:

      Paling dekat Laut Bekah mas, dari pertigaan panggang ambil jalan ke kanan ikuti papan petunjuk arah Pantai Bekah yang berada di tepi jalan.

Kirim pendapat