Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong Pacitan
2.8 (56.67%) 6 votes

Pantai Karang Bolong Pacitan atau ada yang menyebutnya sebegai Tebing Karang Bolong merupakan destinasi wisata baru disebelah barat Pantai Klayar. Daya tarik utama pantai ini adalah semenanjung tebing dimana pada bagian dasarnya terdapat beberapa lubang karang. Lubang karang tersebut dapat terlihat jelas dari kawasan Pantai Klayar.

Pantai Karang Bolong terletak di desa Sendang, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Tengah. Pantai ini berjarak sekitar 35 km ke arah barat dari kota Pacitan.

Pemandangan Pantai Karang Bolong Pacitan Dari Pantai Klayar

Lokasi Pantai Karang Bolong berada di sebelah barat Pantai Klayar Pacitan. Rute menuju pantai ini hampir sama dengan rute menuju Pantai Klayar karena letaknya bersebelahan. Akses jalan menuju pantai tersebut tepat sebelum Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Pantai Klayar ada jalan tanah ke kanan masuk hingga ujung.

Pantai Karang Bolong Pacitan merupakan semenanjung yang menjorok ke tengah laut. Semua kawasan pantai merupakan pantai tebing dan tidak ada kawasan pantai landai berpasir putih. Pada bagian dasar tebing terdapat lubang karang sehingga disebut dengan karang bolong (jawa bolong : lubang). Pengunjung dapat berkeliling diatas semenanjug karang tersebut yag bayak ditumbuhi tanaman liar tepi laut. Fasilitas pendukung wisata di kawasan pantai ini belum dibangun dan masih tampak seperti kawasan pantai yang alami dan jarang dikunjungi. Aktivitas berkemah mulai sering terlihat ditempat ini sejak kawasan pantai ini dibuka menjadi tempat wisata. Secara keseluruhan Pantai Karang Bolong Pacitan menarik digunakan sebagai wisata pelengkap Pantai Klayar. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat