Pantai Jungwok Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Dengan Pulau Karang Kecil

Pantai Jungwok Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Dengan Pulau Karang Kecil
3.5 (70%) 2 votes

Pantai Jungwok Gunungkidul merupakan salah satu wisata pantai favorit di wilayah timur Gunungkidul selain Pantai Wediombo. Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini adalah pantai pasir putih yang masih alami dan pulau karang kecil yang berada di tepi pantai. Pantai ini mulai ramai dikunjungi saat liburan akhir pekan dan menjadi salah satu wisata pantai alternatif.

Pantai Jungwok secara administratif berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jalan Setapak Menuju Pantai Jungwok Gunungkidul

Lokasi Pantai Jungwok Gunungkidul berada di sebelah timur kawasan Pantai Wediombo sejauh kurang lebih satu kilometer. Bila ditempuh dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 80 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan. Rute terdekat menuju Pantai Jungwok dari kota Yogyakarta dengan mengikuti jalan penghubung antara Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Wonosari – Semanu – Jepitu – Pantai Jungwok (Pantai Wediombo).

Perjalanan menuju kawasan Pantai Jungwok Gunungkidul dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Bila menggunakan kendaraan umum hanya dapat tiba di pertigaan Jepitu dan harus dilanjutkan dengan menaiki ojek motor menuju lokasi. Kondisi jalan dari pusat kota Yogyakarta hingga pantai Wediombo sudah beraspal baik namun dari pantai Wediombo menuju pantai Jungwok masih berupa jalan tanah yang diperkeras.

Akses jalan menuju ke Pantai Jungwok sebelum dibuka sebagai kawasan wisata hanya dapat ditempuh dari jalan setapak dari kawasan Pantai Wediombo. Hal ini dikarenakan belum ada pembuatan akses jalan kendaraan menuju lokasi.

Pemandangan Pasir Pantai Jungwok Gunungkidul

Kendaraan pengunjung Pantai Jungwok Gunungkidul dapat diparkir di area parkir yang telah disediakan di sekitar kawasan pantai. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan melewati rerimbunan pohon pandan laut dan langsung tiba di kawasan pantai. Kesan pertama yang didapat adalah sebuah pantai tersembunyi berpasir putih yang kondisinya masih cukup alami.

Pohon Pandan Laut Di Pantai Jungwok Gunungkidul

Pantai Jungwok masih terlihat alami dengan hamparan pasir pantai yang berwarna putih. Di tepi pantai banyak ditemui tanaman liar khas pantai yang tumbuh dengan lebat. Tanaman yang paling banyak ditemui adalah pohon pandan laut dan tanaman merambat di atas pasir. Saat pagi hari sering tertengar bunyi burung liar yang hidup di sekitar kawasan pantai ini. Bentang alam Pantai Jungwok bila diperhatikan memiliki kemiripan dengan Pantai Drini dari segi keberadaan pulau karang di tepi pantai. Bedanya pulau karang di Pantai Jungwok tidak dapat dikunjungi karena tidak ada akses jalan dan posisinya lebih menjorok ke tengah lautan yang dalam.

Tumbuhan Liar Tepi Pantai Jungwok Gunungkidul

Tebing karang sisi kiri atau timur Pantai Jungwok sering digunakan sebagai tempat mencari udang lobster oleh nelayan setempat. Aktivitas tersebut sering terlihat saat pagi hari ketika ombak sedang surut dan air laut belum menenggelamkan kawasan disekitar tebing tersebut. Hasil tangkapan lobster tersebut langsung diserahkan kepada pengepul untuk dijual di kawasan pantai yang banyak terdapat warung makan olahan ikan laut seperti Pantai Baron dan Pantai Drini.

Ombak Dan Pasir Putih Pantai Jungwok Gunungkidul

Ombak Pantai Jungwok Gunungkidul tidak terlalu besar karena terhalang oleh pulau karang yang berada di tepi pantai. Bunyi hempasan ombak yang menghantam tebing karang terdengar keras dari tepi pantai. Sesekali ombak besar mencapai tepi pantai ketika musim gelombang tinggi dan saat air laut pasang. Pengunjung diharapkan tetap berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas berenang di air laut.

Ketika ombak surut terlihat hamparan karang di dasar laut. Cukup luas hamparan karang laut yang ada di kawasan pantai ini walaupun tidak sampai area pulau karang. Di sela-sela karang kadang ditemukan hewan laut seperti bintang laut dan ikan-ikan kecil yang terperangkap dalam karang. Rumput laut yang terlihat tampak berwarna kehijauan dan memancarkan keindahan pantai ini.

Pantai Jungwok Gunungkidul Dari Atas Bukit Sisi Barat

Pantai Jungwok cocok digunakan sebagai salah satu tempat menikmati matahari terbit (sunrise) di kawasan pantai Gunungkidul. Posisinya yang sedikit serong ke arah tenggara membuatnya berpotensi sebagai tempat menikmati matahari terbit walaupun hanya dapat dinikmati saat posisi matahari sedang condong ke arah selatan. Selain itu pantai ini juga menarik digunakan sebagai salah satu lokasi berkemah atau camping. Belum lama ini kawasan pantai ini juga dikembangkan menjadi wisata snorkeling seperti Pantai Nglambor.

Pengunjung Pantai Jungwok Gunungkidul rata-rata berharap bahwa pantai ini dibiarkan alami dan tidak tersentuh pembangunan. Sudah cukup dibangun fasilitas kamar mandi umum saja dan tidak ada pembangunan fasilitas yang lain lagi. Sejak dilakukan pengembangan kawasan pantai-pantai di Gunungkidul, semakin sedikit kawasan pantai yang masih alami dan jarang terjamah manusia. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Jungwok
Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-
Parkir Motor : Rp 2.000,-

PETA

Kirim pendapat