Pantai Jugala Gunungkidul, Si Kecil Nan Cantik

Pantai Jugala merupakan pantai kecil yang berada dalam kawasan pantai Ngedan Gunungkidul. Pantai ini sebetulnya hasl pemekaran dari pengembangan wisata di Pantai Ngedan walaupun sebagian orang masih mengenalnya sebagai bagian dari Pantai Ngedan. Kondisi pantai ini cukup alami dan perawan karena belum tersentuh oleh pembangunan kawasan wisata.

Pantai Jugala berada satu kawasan dengan Pantai Ngedan, dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Jugala Dari Atas Tebing

Lokasi pantai Jugala berada satu area atau wilayah dengan pantai Ngeden (Ngedan). Posisinya berada di sebelah barat Pantai Ngedan dan berada di sebelah timur pantai Nglimun. Sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa kawasan pantai Jugala merupakan pantai tersendiri yang memisah dengan pantai Ngedan, mereka hanya mengetahui bahwa kawasan pantai tersebut merupakan bagian dari pantai Ngedan.

Akses jalan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak berpaving melewati tebing sisi barat pantai Ngedan. Tanda bila kita telah tiba di pantai Jugala adalah saat memasuki kawasan ladang pertanian penduduk. Pada sebelah kiri jalan setapak berpaving terdapat jalan tanah kecil menuju ke arah bawah atau ke dasar pantai. Disarankan untuk berhati-hati saat melewati jalan tanah karena cukup licin dan curam.

Batu Karang Di Pantai Jugala

Pantai Jugala tersembunyi dari balik rerimbunan pohon khas tepi laut yaitu pohon pandan laut dan tebing yang mengelilinginya. Pantai ini juga memiliki luas area pantai yang lebih lebar dibandingkan pantai Ngedan dan diapit dua buah tebing yang cukup tinggi. Kawasan pantai ini didominasi oleh batuan karang kecil-kecil yang memenuhi hampir seluruh kawasan pantai.

Baca Juga  Pantai Pesaren, Salah Satu Pantai di Ujung Utara Pulau Bangka

Pantai Jugala langsung menghadap ke arah samudera yang luas dan tanpa penghalang seperti pulau kecil atau batu karang raksasa. Ombak laut cukup besar dan pengunjung disarankan untuk tidak berenang atau mandi di laut. Saat air laut sedang pasang, hampir seluruh kawasan pantai Jugala terendam oleh air laut. Batu karang yang ada tampak menghilang dibalik deburan ombak yang kencang. Namun ketika air laut surut, terhampar sebuah kawasan pantai yang luas sejauh kurang lebih dari 100 meter dari tepi pantai. Terlihat beberapa tanaman khas dasar laut seperti ganggang laut dan rumput laut yang menempek di sela-sela batu karang. Kadang ada beberapa ikan kecil yang tersangkut atau terjepit diantara bebatuan karang. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat