Pantai Greweng Gunungkidul, Eksotisme Pantai Tersembunyi Dan Tempat Favorit Berkemah

Pantai Greweng Gunungkidul, Eksotisme Pantai Tersembunyi Dan Tempat Favorit Berkemah
3.4 (68%) 5 votes

Pantai Greweng atau bernama lain Pantai Pulutan merupakan kawasan pantai tersembunyi yang berada di wilayah timur Gunungkidul. Daya tarik pantai ini cukup menawan dimana memiliki hamparan pasir pantai yang cukup luas atau bahkan bisa dikatakan paling luas diantara pantai-pantai lain di Gunungkidul. Selain itu pantai ini cukup alami karena masih dikelilingi lebatnya hutan tepi laut dan masih jarang terjamah oleh manusia.

Pantai Greweng (dulu dikenal dengan nama pantai Pulutan) terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Perjalanan Menuju Pantai Greweng Gunungkidul Melewati Perbukitan

Lokasi Pantai Greweng berada di sebelah timur Pantai Jungwok Gunungkidul. Akses menuju pantai ini hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area Pantai Jungwok atau tepi jalan setapak menuju Pantai Greweng yang ada diantara jalan utama Pantai Wediombo-Jungwok. Tempat parkir yang disediakan cukup aman dan menerima parkir inap kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Padang Ilalang Saat Menuju Pantai Greweng Gunungkidul

Perjalanan menuju Pantai Greweng dimulai dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang berada disebelah timur Pantai Jungwok. Pada sebuah percabangan ada dua pilihan jalan, jalur ke arah kanan menuju ke Pantai Ngusalan terlebih dahulu baru menuju ke Pantai Greweng sedangkan jalur ke arah kiri langsung menuju ke arah Pantai Greweng. Selama perjalanan, pengunjung akan dihibur pemandangan ladang pertanian warga yang mayoritas ditanami jagung, ketela, dan kacang tanah. Sesekali pengunjung akan menemui kandang-kandang ternak milik warga setempat yang berisi sapi dan kambing.

Pada tengah-tengah perjalanan menuju ke Pantai Greweng Gunungkidul, pengunjung akan menemui sumber mata air yang muncul diantara bebatuan. Sumber mata air tawar ini masih dimanfaatkan penduduk sekitar untuk kebutuhan air bersih khususnya pada musim kemarau. Dari tempat ini ada percabangan jalan kecil dimana ke arah kanan menuju ke Pantai Greweng sedangkan ke arah kiri menuju ke Pantai Sedahan.

Muara Sungai Kecil Saat Menuju Pantai Greweng Gunungkidul

Beberapa hal yang menarik perhatian pengunjung ketika menyusuri jalan setapak menuju Pantai Greweng Gunungkidul adalah keberadaan padang ilalang dan sungai kecil yang mengarah ke pantai. Padang ilalang yang memiliki luas dua tiga petak sawah ini tumbuh subur saat memasuki pertengahan musim penghujan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan digunakan sebagai lokasi berfoto sebelum melanjutkan perjalanan.

Luasnya Pasir Pantai Greweng Gunungkidul

Hamparan pasir Pantai Greweng Gunungkidul terlihat sangat luas bahkan kebaradaan pasir pantai telah ada sebelum memasuki kawasan pantai. Ujung hamparan pasir tersebut adalah kawasan Pantai Greweng yang diapit dua buah tebing yang cukup tinggi. Pada masing-masing tebing dipenuhi tumbuhan liar khas pesisir pantai dan kondisinya cukup lebat.

Lembutnya Pasir Pantai Greweng Gunungkidul

Butiran pasir Pantai Greweng Gunungkidul yang berwarna putih sangat lembut berbeda dengan pasir pantai Gunungkidul yang lain. Pengunjung yang pertama kali datang ke pantai ini pasti terpukau dengan daya tarik pasir pantainya. Pasir pantai yang ada cukup nyaman digunakan untuk duduk-duduk santai hingga tiduran di atas pasir. Pada area pasir pantai yang berdekatan dengan tebing sebelah kiri banyak ditumbuhi tanaman liar berjenis pandan laut yang kondisinya cukup lebat. Cukup menarik digunakan sebagai tempat berteduh sambil menikmati keindahan kawasan pantai ini.

Pemandangan ke arah laut dari Pantai Greweng Gunungkidul justru terlihat kurang menarik dibandingkan keberadaan pasir pantai yang luas. Adanya dua buah bukit karst yang mengapir bibir pantai menyebabkan pemandangan ke arah laut sedikit terhalang. Selain itu dasar karang pantai terlihat datar tidak didapati tumbuhan dasar laut seperti rumput laut dan ganggang laut. Namun hal tersebut memungkin untuk bermain air laut disamping tetap memperhatikan kewaspadaan bila air laut pasang atau ombak tinggi.

Kondisi Tepi Pantai Greweng Gunungkidul

Secara keseluruhan Pantai Greweng Gunungkidul memberikan pesona wisata pantai yang masih perawan, alami, dan jarang dijamah manusia. Letaknya yang sulit dijangkau dan waktu tempuh yang cukup lama dari pusat kota Yogyakarta menyebabkan pantai tersebut belum dilirik oleh banyak wisatawan. Seiring berkembangnya waktu, kawasan Pantai Greweng mulai ramai dikunjungi oleh anak muda dan menjadi lokasi berkemah di pantai Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Greweng (Pantai Pulutan)
Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    tracking ya mas enaknya kalo kesini.. wah belum kesampaian.. baru sampe di jungwok, itupun motor dibawa.. pas susur dari wediombo dulu nggak ikut.. kira-kira potensi bakalan rame banget nggak mas? :D

  2. Rullah:

    Pantai ini kalo buat kemping enak banget kayaknya :-)

  3. bersapedahan:

    kerennn benerrr landscape-nya
    beda banget dengan tipikal pantai2 …
    apalagi masih jarang banget orang datang kesini ya …

  4. Mas Iyud:

    Pernah 1 kali kemping di Greweng, lumayan enak, hanya sedikit kesulitan air tawarnya, datang yg ke dua tp gak nginep

    • admin:

      Hi Mas Iyud
      Sebaiknya memang bawa perbekalan sebelum berangkat sih buat jaga2 :-)

  5. agusta praba:

    keren, enak buat ngecamp. kalo musim hujan gambar ke 4 itu jadi sungai air tawar dan banyak urang nya. highly recommended

Kirim pendapat