Pantai Goa Watulawang Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Dengan Goa Petilasan

Pantai Goa Watulawang Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Dengan Goa Petilasan
3 (60%) 1 vote

Pantai Goa Watulawang merupakan salah satu kawasan pantai yang dikembangkan masyarakat sekitar Tepus Gunungkidul. Keberadaannya pantai ini masih terbilang baru karena baru saja dibuka menjadi obyek wisata. Daya tarik Pantai Goa Watulawang ini tidak kalah menarik dibandingkan pantai terkenal yang ada di dekatnya yaitu Pantai Pulang Syawal (Indrayanti). Pantai berpasir putih dan cerita tentang goa petilasan Raja Brawijaya menjadi daya tarik yang diusung pantai ini.

Pantai Goa Watulawang (Watu Lawang) terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Asal mula nama Goa Watulawang karena pada karang yang menjorok ke laut terdapat goa kecil dengan mulut goa seperti pintu. Menurut mitos yang berkembang, goa tersebut pernah menjadi persinggahan Prabu Brawijaya VI.

Menuju Area Pantai Goa Watulawang Gunungkidul

Lokasi Pantai Goa Watulawang Gunungkidul berada diantara Pantai Pok Tunggal di sisi sebelah timur dan Pantai Trenggole di sisi sebelah barat. Akses termudah menuju pantai ini dengan melewati jalur Pantai Trenggole yang berada di sebelah timur Pantai Pulang Syawal. Dari jalur ini, kendaraan pengunjung dapat tiba di area parkir Pantai Goa Watulawang. Kondisi jalan masih berupa jalan tanah berbatu yang dipadatkan dan dihaluskan namun sudah aman untuk dilewati. Saat ini kendaraan minibus sudah dapat tiba sampai kawasan Pantai Goa Watulawang.

Salah Satu Sudut Pantai Goa Watulawang Gunungkidul

Kawasan Pantai Goa Watulawang Gunungkidul terbagi dalam dua bagian yaitu sisi barat dan sisi timur. Area Pantai Goa Watulawang sebelah barat merupakan kawasan pantai kecil berpasir putih. Luas area pantai sisi sebelah barat lebih sempit atau lebih kecil dibandingkan sisi sebelah timur. Kawasan pantai sisi sebelah barat ini diapit dua buah bukit karang yang menjorok ke tengah laut. Salah satu bukit tersebut terdapat goa kecil yang konon merupakan petilasan atau persinggahan Prabu Brawijaya VI.

Pantai Goa Watulawang Gunungkidul Dari Atas Bukit

Cerita mengenai persinggahan Prabu Brawijaya VI ke sebuah goa kecil di kawasan Pantai Goa Watulawang Gunungkidul merupakan cerita turun temurun dan dari mulut ke mulut warga. Belum ada bukti yang menandakan bahwa tempat itu benar-benar pernah disinggahi oleh Prabu Brawijaya VI sewaktu melarikan diri dari kejaran musuh. Namun masyarakat setempat percaya pada cerita tersebut dan mensakralkan keberadaan goa tersebut. Pada bulan-bulan tertentu dilakukan upacara doa di sekitar goa tersebut agar masyarakat sekitar diberikan keselamat dan berlimpah rezeki.

Gasebo Pantai Goa Watulawang Gunungkidul

Area sebelah timur Pantai Goa Watulawang Gunungkidul terlihat lebih luas dengan pasir pantai yang juga berwarna putih. Pembangunan kawasan pantai ini terbilang lebih tertata dan rapi karena direncanakan dengan matang. Bangunan yang dibangun di tepi pantai merupakan bangunan semi permanen berbahan kayu dan atap dari ijuk. Beberapa bangunan yang terlanjur menggunakan atap terpal nantinya aklan diganti menjadi atap ijuk yang lebih nyaman dipandang.

Tebing Sebelah Timur Pantai Goa Watulawang Gunungkidul

Fasilitas pendukungnya cukup lengkap dibandingkan sisi barat. Di sisi timur ini terdapat fasilitas kamar mandi, gasebo, mushola, warung makan, dan sebagainya. Pasir pantai berwarna putih dan kondisinya mirip dengan pantai-pantai yang terdapat didekatnya seperti Pantai Pok Tunggal, Trenggole, dan Pulang Syawal. Kawasan Pantai Goa Watulawang ini masih cukup sepi dari wisatawan dan cocok bagi orang yang ingin berwisata ke kawasan pantai yang jauh dari keramaian. Kekurangannya belum ada penjaga pantai semacam SAR untuk menjaga wisatawan yang bermain air di laut. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Goa Watulawang (Watu Lawang)
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil ; Rp 10.000,-

PETA

Kirim pendapat