Pantai Depok Bantul Dan Mahalnya Kuliner Ikan Laut

Pantai Depok Bantul Dan Mahalnya Kuliner Ikan Laut
3.3 (65%) 4 vote[s]

Pantai Depok Bantul merupakan kawasan pantai yang letaknya berada disebelah timur muara Sungai Opak atau berada pada sisi paling barat garis pantai Parangtritis. Keberadaannya lebih dikenal sebagai pusat kuliner seafood karena banyak berdiri warung-warung yang menjual beraneka masakan ikan laut. Struktur Pantai Depok sama seperti pantai Parangtritis yaitu pantai landai berpasir agak kehitam-hitaman dan langsung menghadap ke arah samudera lepas tanpa ada penghalang.

Pantai Depok berada di desa Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Merupakan lokasi alternatif selain berwisata ke Pantai Parangtritis dan dikembangkan sebagai tempat pelelangan ikan dan wisata kuliner.

Suasana Sore Hari Di Pantai Depok Parangtritis Bantul

Lokasi Pantai Depok Bantul berada disebelah barat dari Pantai Parangtritis dengan akses jalan langsung menuju ke Pantai Depok atau melalui kawasan Pantai Parangtritis terlebih dahulu. Kondisi jalan menuju ke Pantai Depok sudah cukup baik karena merupakan jalur wisata utama atau wisata unggulan di kabupaten Bantul dan Yogyakarta. Selain itu akses jalan pintas penghubung antara Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok sudah cukup baik meskipun belum cukup lebar. Penarikan retribusi dilakukan satu kali yaitu dari pintu gerbang Pantai Parangtritis atau pintu masuk Pantai Depok saja.

Perahu Nelayan Di Pantai Depok Parangtritis Bantul

Kondisi Pantai Depok Bantul hampir sama dengan Pantai Parangtritis yaitu pantai berpasir hitam yang landai tanpa adanya karang. pasir pantai berhwarna kehitaman ini merupakan cirikhas pasir pantai yang memanjang dari sisi timur Pantai Parangndog hingga sisi garis pantai paling barat yaitu muara Sungai Opak. Pasir Pantai Depok ini tidak sehalus pasir putih pantai dan terasa padat ketika terkena siraman air laut. Namun tekstur pasir Pantai Depok yang kurang menyenangkan ini tetap membuat pengunjung bersemangat untuk bermain pasir atau membuat istana dari pasir.

Fasilitas penunjang Pantai Depok cukup lengkap seperti area parkir yang luas, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), masjid, toilet, Pos Tim SAR, dan warung yang menyajikan masakan hasil tangkapan laut.

Anak-Anak Bermain Layang-Layang Di Pantai Depok Parangtritis Bantul

Pasar Ikan Segar (PIS) yang berada di kawasan Pantai Depok Bantul buka menjelang siang hari hingga sore hari. Para pedagang menjual hasil tangkapan nelayan Pantai Depok saat kembali dari melaut. Selain ikan dari tangkapan nelayan, para pedagang juga menjual ikan-ikan segar yang tidak ditemukan di tempat ini dan disuplai dari luar daerah. Harga yang ditawarkan oleh para pedagang di pasar ikan segar lebih mahal dibandingkan dari harga dipasar. Alasan utamanya karena kondisi ikan masih segar dan berada di dalam kawasan wisata.

Baca Juga  Pasar Keroncong Kotagede 2015, Festival Keroncong Pertama Di Yogyakarta

Calon pembeli di Pasar Ikan Segar Pantai Depok diharapkan berhati-hati dalam membeli ikan segar. Periksa terlebih dahulu apakah kondisi ikan segar yang akan dibeli benar-benar masih segar dan kondisinya layak untuk dikonsumsi. Akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan ikan segar yang jual sudah tidak segar lagi dan sudah mulai berbau tidak sedap. Hal semacam ini dapat merugikan konsumen karena mereka membeli barang (ikan segar) yang tidak layak untuk dimakan. Pemerintah perlu melakukan kontrol rutin agar daya tarik wisata Pantai Depok tidak memudar akibat ulah oknum ini.

Suasana Pasar Ikan Pantai Depok Parangtritis Bantul

Kuliner ikan laut atau seafood merupakan daya tarik lain wisata Pantai Depok Bantul. Keberadaannya mulai diperkenalkan ketika kawasan Pantai Depok dibuka menjadi kawasan wisata baru di sekitar Pantai Parangtritis. Hidangan olahan ikan laut ini disajikan oleh warung-warung makan yang banyak berdiri di tepi kawasan Pantai Depok. Sebagian besar warung makan tersebut merupakan warung lesehan dengan menempati bangunan permanen yang dibangun sendiri atau tidak disediakan oleh pengelola/pemerintah. Sebagian besar pemilik warung berasal dari masyarakat Bantul sendiri sebagai pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sajian Kuliner Ikan Bakar Di Pantai Depok Parangtritis Bantul

Menu makanan yang ditawarkan antara warung makan yang satu dengan yang lain hampir sama. Sepertinya dilakukan keseragaman menu untuk menguatkan daya tarik kuliner ikan laut di kawasan Pantai Depok. Pengunjung yang ingin menikmati hidangan kuliner ikan laut khas Pantai Depok dipersilakan memasuki salah satu warung yang ada. Pemilik warung akan segera memasak pesanan yang dipesan pengunjung setelah mereka selesai memasak.

Baca Juga  Pameran Uang Nusantara Di Bekas Bangunan Bank Indonesia Yogyakarta

Rasa olahan ikan laut yang dimasak oleh warung-warung makan tersebut sebenarnya biasa atau mungkin sesuai standar rasa kuliner ikan laut di Pantai Depok Bantul. Bumbunya sedikit hambar dan kadang terlalu banyak penyedap rasanya. Suasana tepi Pantai Depok yang membuat semua hidangan menjadi terasa enak atau mungkin perut sudah terlalu lapar. Harga yang ditawarkan saat ini cukup mahal atau diatas rata-rata untuk ukuran harga makanan di sekitar Yogyakarta. Sebaiknya pengunjung memilih warung yang terdapat daftar menu berikut daftar harga.

Menikmati Kuliner Ikan Laut Di Pantai Depok Parangtritis Bantul

Sedikit informasi yang didapat, sebagian besar ikan laut atau  hasil laut segar bukan berasal dari tangkapan nelayan Pantai Depok Bantul. Ikan laut segar tersebut di datangkan dari luar wilayah Yogyakarta yaitu daerah pesisir pantai utara seperti Semarang dan Pekalongan. Hal ini disebabkan karena produksi ikan yang dihasilkan oleh nelayan Pantai Depok belum mampu mencukupi permintaan pengunjung. Selain itu beberapa jenis ikan yang diminati pengunjung tidak terdapat di pantai tersebut atau di wilayah pantai selatan Pulau Jawa. Sebut saja ikan cakalang, kakap putih, udang, serta cumi. Pengunjung yang ingin merasakan hidangan ikan laut yang benar-benar segar disarankan mengunjung kawasan Pantai Ngrenehan, Pantai Baron, dan Pantai Drini yang berada di kabupaten Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Depok
Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 5.000,-/orang (tiket terusan)
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. lathifulamri:

    ini baru ada foto2nya, jadi bisa saya lihat….

    • annosmile:

      lagi dalam perbaikan om

  2. komputertips.com:

    Ternyata ada pantai ya di Depok….sekian lama di Depok kok aku gak pernah tahu ya????

  3. Sukadi Brotoadmojo:

    Saya kebetulan juga pernah menikmati sunset di pantai depok, sangat indah memang… apalagi kalau pas siang hari, bisa pesan ikan segar yang baru turun dari kapal nelayan… alternatif lain dari parangtritis :)

Kirim pendapat