Pantai Ciut, Salah Satu Pantai Mini Di Watulimo Trenggalek

Pantai Ciut atau bernama lain Pantai Peden Ciut merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Ekowisata Pantai Mbangko’an. Keberadaannya dipromosikan sebagai salah satu spot memancing karena terdapat tebing yang menjorok ke arah laut. Kondisi pantai ini masih cukup alami dengan vegetasi khas tumbuhan tepi pantai.

Pantai Ciut (Peden Ciut) berada dalam kawasan Ekowisata Pantai Mbangko’an, desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai Ciut memiliki ciri khas pantai landai berpasir putih dengan tebing dikedua sisi.

Papan Nama Pantai Ciut Watulimo Trenggalek

Lokasi Pantai Ciut berada di dalam kawasan Ekowisata Pantai Mbangko’an Watulimo. Pantai Ciut merupakan pantai kedua setelah Pantai Watu Lunyu bila diakses dari kawasan Pantai Mbangko’an. Cukup mudah menemukan kawasan pantai ini karena informasi petunjuk arahnya sudah cukup jelas.

Akses jalan menuju ke Pantai Ciut hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki melewati jalan setapak. Tidak disarankan menggunakan kendaraan sepeda motor matic bila menuju kawasan pantai ini. Bila membawa kendaraan roda empat dipersilakan memarkir kendaraan di kawasan Pantai Mbangko’an dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit dari kawasan Pantai Mbangko’an.

Rerimbunan Pohon Kelapa Pantai Ciut Watulimo Trenggalek

Kawasan Pantai Ciut ditandai dengan papan nama pantai yang terpasang pada salah satu batang pohon kelapa di tepi jalan setapak. Area Pantai Ciut cukup sempit sesuai dengan namanya, dibatasi oleh dua buah bukit pada kedua sisi yang berdekatan. Rerimbunan pohon kelapa juga memenuhi kawasan tepi pantai meskipun tidak selebat pohon kelapa di kawasan Pantai Mbangko’an.

Saat air laut sedang pasang, hampir sebagian kawasan Pantai Ciut tenggelam oleh air laut. Namun masih tersisa sebagian kecil area pasir pantai yang berwarna putih. Ombak laut yang pasang tampak lebih tenang sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air di tepi pantai atau laut.

Pemandangan Pantai Ciut Watulimo Trenggalek

Ketika air laut sedang surut, terlihat hamparan pasir putih pantai yang sebelumnya tenggelam oleh air. Pasir Pantai Ciut terasa lembut karena butiran pasir cukup kecil. Batuan karang di dasar laut terlihat jarang dibandingkan kawasan Pantai Watu Lunyu. Terumbu karang yang berada di dasar laut terlihat samar-samar dari atas tebing pada salah satu sisi Pantai Ciut.

Kawasan Pantai Ciut lebih cocok digunakan memancing karena terdapat tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Bagian tengah laut Pantai Ciut cukup dalam sehingga dimungkinkan ikan-ikan berukuran besar akan singgah di sekitar tempat ini. Walaupun tidak menutup kemungkinan Pantai Ciut dikembangkan sebagai wisata tracking atau jelajah alam. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pantai Buyutan Pacitan Dan Mitos Mahkota Narada

Kirim pendapat