Pantai Celeng Tibo Gunungkidul, Spot Memancing Di Tebing Laut

Pantai Celeng Tibo Gunungkidul, Spot Memancing Di Tebing Laut
4 (80%) 3 votes

Nama Pantai Celeng Tibo sepertinya terdengar aneh dan asing pagi para pecinta wisata pantai di Gunungkidul. Sebuah pantai yang terletak di kecamatan Panggang ini hanya diketahui penduduk sekitar dan para pecinta olahraga memancing. Saya mengetahui pantai ini berasal dari informasi petani yang saya temui saat perjalanan menuju ke Pantai Kesirat.

Pantai Celeng Tibo (Celengtibo) terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini merupakan pantai tebing yang cocok untuk kegiatan memancing.

Kawasan Pantai Celengtibo Gunungkidul Yang Seluruhnya Berupa Tebing

Lokasi Pantai Celeng Tibo ini bersebelahan dengan Pantai Kesirat tepatnya berada disebelah barat Pantai Kesirat. Kendaraan pengunjung Pantai Celeng Tibo hanya dapat diparkir di kawasan Pantai Kesirat. Untuk menuju ke Pantai Celeng Tibo hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Menurut informasi yang di dapat dari warga sekitar, perjalanan menuju Pantai Celengtibo dari pantai Kesirat membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Perjalanan menyusuri jalan setapak menuju Pantai Celengtibo melewati turunan tebing yang cukup curam. Beberapa titik jalan tampak menghilang tertutup rerimbunan semak. Diperlukan kehati-hatian dalam melangkah karena jalan setapak tersebut dekat dengan tepi tebing yang berbatasan dengan laut. Namun pemandangan lautan dari atas tebing tampak indah saat menyusuri jalan setapak ini sehingga rasa capai bisa terobati.

Pemandangan Laut Dari Tebing Pantai Celengtibo Gunungkidul

Ciri-ciri kawasan Pantai Celeng Tibo adalah keberadaan celah pantai tebing diantara dua pertemuan tebing atau bukit. Patokan lokasi pantai ini hanya berupa bangunan bambu di tepi tebing karang yang digunakan memancing nelayan setempat atau penghobi memancing.

Pantai Celeng Tibo sebenarnya merupakan alternatif lokasi memancing laut (rock fishing) yang dekat dengan Pantai Kesirat. Bila kawasan Pantai Kesirat telah penuh dengan pemancing, sebagian pemancing yang baru datang memilih ke Pantai Celengtibo yang lebih sepi dan memiliki bentang alam yang hampir sama. Selain itu, pengunjung yang hobi menjelajah (mblusuk) tidak melewatkan kawasan Pantai Celeng Tibo saat melaakukan jelajah pantai di sekitar Pantai Kesirat atau kecamatan Panggang. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. marsudiyanto:

    Namanya kok sangar banget ya…
    Celeng, tibo lagi… :D

Kirim pendapat