Pantai Candidasa, Kawasan Wisata Pantai Favorit Di Karangasem Bali

Pantai Candidasa, Kawasan Wisata Pantai Favorit Di Karangasem Bali
2.7 (53.33%) 3 vote[s]

Pantai Candidasa merupakan daya tarik wisata alam dan resort di sekitar Karangasem Bali yang cukup terkenal. Keindahan pantai ini dapat disejajarkan dengan wisata pantai di Pulau Bali yang cukup populer seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Jimbaran, dan sebagainya meskipun belum seramai pantai tersebut. Daya tarik utama pantai ini adalah sebagai lokasi snorkeling atau menyelam dan salah satu tempat menikmati matahari terbenam atau sunset di wilayah timur Pulau Bali.

Pantai Candidasa terletak di dusun Samuh, desa Bugbug, kecamatan Karangasem, kabupaten Karangasem, Bali.

Gapura Pantai Candidasa Karangasem

Lokasi Pantai Candidasa berada persis di tepi Jalan Raya Denpasar-Karangasem atau disebut juga Jalan Raya Candidasa. Jarak dari kota Denpasar dengan Pantai Candidasa sejauh 60 kilometer. Rute menuju ke Pantai Candidasa Karangasem dari kota Denpasar ke arah timur melewati Jalan By Pass Ngurah Rai atau Jalan Gatot Subroto. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di perbatasan kota Denpasar yang terdapat patung Titi Banda. Pada sebuah persimpangan pilihlah jalan ke arah timur melewati jalan raya penghubung antara kota Denpasar dengan kabupaten Klungkung yang dinamakan Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (By Pass IBA Mantra). Ikuti jalan tersebut melewati obyek wisata Goa Gajah hingga menemui gapura masuk obyek wisata Pantai Candidasa. Akses menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan sepeda motor, mobil, hingga bus berukuran besar.

Baca Juga  Pantai Goa Cemara Bantul, Rerimbunan Hutan Cemara Udang di Tepi Pantai

Annosmile Di Tepi Pantai Candidasa Karangasem

Pantai Candidasa Karangasem merupakan pantai landai dengan pasir pantai berwarna putih keabuan bercampur dengan batu coral. Pantai ini berada disebuah teluk kecil yang bernama Teluk Amuk. Pada teluk tersebut terdapat beberapa pulau kecil atau dataran kecil di tepi pantai yang cukup terkenal diantaranya Gili Tepekong, Gili Biaha, dan Gili Mimpang. Jarak antara pulau-pulau tersebut dengan dataran pantai hanya sekitar 100-200 meter dan pengunjung dapat sekaligus berkunjung ke pulau tersebut. Ketiga pulau tersebut dikenal sebagai lokasi menyelam (diving) dan snorkeling.

Ombak Pantai Candidasa tergolong besar meskipun berada di dalam teluk kecil di Pulau Bali. Untuk mencegah abrasi pantai, pemerintah membangun tanggul pelindung pantai yang tersusun dari beton dan bongkahan batu besar di sepanjang tepi pantai. Pada sebuah titik dibangun tanggul penahan ombak yang menjorok ke tengah laut untuk melindungi perahu yang bersandar dari hempasan air laut. Pada bagian atas tanggul tersebut dibangun bale-bale atau gasebo untuk tempat duduk dan bersantai bagi para pengunjung pantai. Konsep bale-bale di tepi pantai sama seperti pada pantai-pantai lain di Pulau Bali.

Perahu Bersandar Di Pantai Candidasa Karangasem

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Candidasa cukup lengkap seperti obyek wisata pantai favorit lainnya di Pulau Bali. Area parkir yang disediakan cukup luas meskipun terbagi dalam beberapa area parkir. Beberapa hotel dan resort banyak berdiri di sekitar area pantai dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Harga yang ditawarkan terbilang lebih murah dibandingkan harga hotel dan resort di sekitar kota Denpasar seperti Pantai Sanur, Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, dan sebagainya. Tidak heran bila banyak wisatawan mancanegara yang menetap cukup lama di sekitar kawasan pantai ini. Selain itu disekitar area pantai banyak terdapat warung, cafe, dan restoran dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga  Bukit Parangndog Parangtritis, Menikmati Senja Dari Landasan Paralayang

Gasebo Di Pantai Candidasa Karangasem

Pantai Candidasa lebih menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbenam (sunset) ketimbang matahari terbit (sunrise) walaupun letaknya berada di wilayah timur Pulau Bali. Posisi matahari terbenam di pantai ini berada diantara celah perbukitan dan bukan tenggelam di lautan. Namun pemandangannya terlihat unik karena jarang ditemukan di tempat lain. Momentum terbaik saat matahari terbenam hanya dapat dinikmati pada waktu-waktu tertentu saja. Sedangkan saat matahari terbit, posisinya matahari terhalang oleh beberapa bukit yang tinggi dan baru terlihat ketika posisi matahari sudah hampir naik ke atas kepala. Pengunjung harus berjalan ke Tanjung Iri yang letaknya berdekatan dengan area pantai untuk menyaksikan sunrise tanpa dihalangi perbukitan. Secara keseluruhan Pantai Candidasa dapat menjadi salah satu pilihan wisata pantai di wilayah timur Pulau Bali. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Candidasa
Dusun Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

Kirim pendapat