Pantai Buyutan Pacitan Dan Mitos Mahkota Narada

Pantai Buyutan Pacitan Dan Mitos Mahkota Narada
3.4 (68%) 5 votes

Pantai Buyutan merupakan pantai berpasir putih yang memiliki batuan karang unik di wilayah barat kabupaten Pacitan. Keberadaannya masih terbilang baru karena belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata. Pantai ini memiliki cerita mitos dimana batuan karang yang berbentuk seperti mahkota merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh.

Pantai Buyutan terletak di dusun Tumpak Watu, desa Widoro, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Area Persawahan Di Dekat Pantai Buyutan Pacitan

Lokasi Pantai Buyutan berada di sebelah barat Pantai Klayar dan disebelah timur Pantai Banyutibo. Ada dua cara menuju ke Pantai Buyutan yaitu pertama melalui jalur Goa Gong – Pantai Klayar dan kedua melewati jalur Pantai Nampu Wonogiri.

Rute pertama menuju Pantai Buyutan melewati jalur Goa Gong – Pantai Klayar. Rute ini terbilang lebih singkat atau lebih dekat bila diakses dari arah timur seperti dari Pacitan dan Ponorogo. Kondisi jalan sudah cukup baik dan minim simpangan jalan. Pertama ikuti jalan raya Wonogiri-Ngadirojo-Batu-Donorojo. Selanjutkan arahkan kendaraan ke kanan ketika memasuki Pasar Punung dan arahkan menuju ke Goa Gong. Dari kawasan Goa Gong ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Klayar atau Pasar Kalak. Pertigaan Pasar Kalak ke arah kiri menuju ke Pantai Klayar sedangkan ke arah kanan menuju ke desa Widoro sebagai lokasi pantai tersebut. Pilihlah jalan ke arah kanan hingga menemui gang jalan masuk menuju ke Pantai Buyutan.

Jalan Turun Menuju Pantai Buyutan Pacitan

Rute kedua menuju Pantai Buyutan Pacitan melewati jalur Pantai Nampu Wonogiri. Rute ini terbilang lebih singkat atau lebih dekat bila diakses dari arah barat seperti dari Yogyakarta dan Solo. Hanya saja kondisi jalan cukup sempit dan banyak terdapat simpangan jalan. Perjalanan dimulai dari arah Jogja atau Solo menuju ke arah Pracimantoro. Dari perempatan utama Pasar Pracimantoro pilihlah jalan menuju Pantai Nampu Wonogiri. Sebelum gerbang masuk Pantai Nampu ada pertigaan kecil dan pilih ke arah kiri menuju ke arah Pacitan. Selama perjalanan menusuri jalan tersebut akan melewati gang jalan menuju ke arah Pantai Banyutibo Pacitan. Tidak lama kemudian akhirnya tiba di gang jalan menuju pantai Buyutan dan susurilah jalan cor semen tersebut hingga tiba di lokasi.

Pantai Buyutan Pacitan memiliki cirikhas sebagai pantai landai berpasir putih dengan garis pantai yang cukup luas. Pantai ini dikelilingi oleh tebing bukit yang cukup tinggi dibelakangnya sehingga nampak seperti pantai tersembunyi. Pada beberapa bagian tebing bukit masih menjadi tempat tinggal kera-kera liar. Aktivitas kera liar yang kadang turun ke area pantai ini sering terlihat pada pagi hari atau sore hari. Pengunjung yang akan mengunjunginya harus menuruni tebing bukit terlebih dahulu dan saat ini telah dibangun akses jalan yang dapat dilalui kendaraan beroda empat.

Pemandangan Pantai Buyutan Pacitan Dari Atas Bukit

Pada area Pantai Buyutan yang sedikit menjorok ke tengah laut terdapat beberapa bongkahan batu karang raksasa beraneka bentuk. Ada sebuah batu karang yang memiliki bentuk menyerupai mahkota dewa. Konon menurut mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat batu tersebut dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu. Selain itu ada beberapa bongkahan batu lain yang menyerupai perahu.

Pantai Buyutan Pacitan saat ini mulai menarik digunakan sebagai tempat camping dan berkemah bagi wisatawan. Pantai ini menjadi alternatif lokasi berkemah selain Pantai Klayar yang mulai ramai dengan penginapan dan warung-warung pedagang. Menjelang liburan akhir pekan semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Buyutan
Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Kirim pendapat