Pantai Butuh Gunungkidul Bagi Yang “Butuh” Piknik

Pantai Butuh Gunungkidul Bagi Yang “Butuh” Piknik
3 (60%) 3 votes

Pantai Butuh merupakan daya tarik wisata pantai yang baru dibuka setelah pengembangkan wisata Pantai Ngeden Gunungkidul. Pantai ini memiliki karakteristik pantai landai yang hampir sama dengan pantai-pantai landai lainnya yang ada disekitarnya. Keberadaannya mulai menjadi alternatif pilihan wisata pantai setelah kawasan Pantai Ngeden ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Butuh (Mbutuh) terletak di dusun bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Butuh Gunungkidul

Lokasi Pantai Butuh berada di wilayah kecamatan Saptosari atau sebelah barat daya dari kota Wonosari. Bila ditarik garis pantai, pantai ini berada di sebelah barat Pantai Ngeden atau lebih tepatnya Pantai Mbirit. Rute termudah menuju pantai ini dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju Pantai Ngeden yang ada disebelah barat Pantai Ngobaran. Setelah melewati pemukiman penduduk terakhir dan melewati jalan bercor semen, akan menemui sebuah pertigaan jalan dimana ke arah kiri menuju ke Pantai Ngeden dan ke arah kanan menuju Pantai Butuh. Pilihlah jalan ke kanan menuju Pantai Butuh hingga tiba di area parkir pantai. Kondisi jalan masih bercor semen hingga lokasi parkir namun dapat dilalui kendaraan hingga beroda empat secara bergantian.

Semak Belukar Di Pantai Butuh Gunungkidul

Pantai Butuh Gunungkidul memiliki karakteristik utama pantai landai berpasir putih yang diapit oleh dua tebing karang. Kawasan pantai ini cukup sempit dan hampir sama dengan garis Pantai Ngeden yang ada disebelah timurnya. Namun bila dibandingkan dengan Pantai Mbirit, garis pantai ini sedikit lebih lebar dan lebih luas. Area pasir putih pantai cukup luas dan kadang diselingi oleh bebatuan karang berukuran kecil dan sedang yang tertimbun di dalamnya. Di sekeliling kawasan pantai masih terlihat tanaman liar khas pantai sehingga terlihat kesan alami dan jarang terjamah orang.

Hamparan Pasir Pantai Butuh Gunungkidul

Ombak Pantai Butuh hampir sama seperti ombak pantai lain yang ada didekatnya dengan cirikhas ombak pantai selatan Jawa. Bila kondisi pasang, ombak pantai akan naik mendekati beberapa batu karang diantara pasir pantai. Sedangkan ketika surut akan mundur ke arah lautan mendekati jurang laut yang dalam di tepi dasar pantai yang berbentuk karang. Pengunjung dilarang bermain air di kawasan pantai ini karena cukup berbahaya dan tidak ada celah untuk menyelamatkan diri.

Sudut Pantai Butuh Gunungkidul Dari Sisi Timur

Posisi Pantai Butuh menghadap ke arah selatan seperti kurang cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit maupun matahari terbenam. Namun hal tersebut tidak jadi persoalan karena suasana pantai sepi dan alami menjadi daya tarik utama pantai ini. Secara keseluruhan Pantai Butuh cukup menarik sebagai alternatif wisata pantai yang masih sepi dan jarang dikunjungi setelah ramainya Pantai Ngeden yang ada disebelah timurnya dengan keindahan pantai yang tidak kalah bagusnya. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mbloogers.com:

    Kemaren kita habis camp di wilayah timur gunungkidul… Coxok sebagai destinasi selanjutnya nih

Kirim pendapat