Pantai Barat Pangandaran, Bersantai Sambil Menikmati Matahari Terbenam

Pantai Barat Pangandaran, Bersantai Sambil Menikmati Matahari Terbenam
3.8 (76%) 5 votes

Pantai Barat Pangandaran merupakan bagian dari wisata Pantai Pangandaran yang paling favorit dikunjungi oleh wisatawan. Keberadaannya cukup dikenal karena sudah lama dikembangkan menjadi kawasan wisata unggulan bersama Pantai Timur Pangandaran yang berada di sebelah timur pantai ini. Pantai ini menjadi pilihan utama untuk menikmati momentum matahari terbenam karena posisinya menghadap ke arah barat.

Pantai Barat Pangandaran terletak di dalam kawasan wisata Pantai Pangandaran, desa Pananjung, kecamatan Pangandaran, kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Perahu Bersandar Di Pantai Barat Pangandaran

Lokasi Pantai Barat Pangandaran berada di dalam kawasan wisata Pantai Pangandaran. Rute terdekat menuju kawasan pantai ini melalui gerbang barat atau pos penarikan retribusi sebelah barat. Akses jalan yang dilalui cukup lebar karena merupakan salah satu daya tarik wisata bertaraf internasional di sekitar Jawa Barat.

Suasana Pantai Barat Pangandaran

Pantai Barat Pangandaran merupakan bagian Pantai Pangandaran yang berada di sisi barat sekaligus menghadap ke arah barat. Pantai Barat Pangandaran disebut juga pantai utama karena sebagian besar wisatawan yang datang untuk berwisata langsung menuju ke area pantai ini melalui gerbang barat. Area yang membatasi antara Pantai Barat dengan Pantai Timur adalah sebidang tanah landai dimana saat ini telah penuh berdiri bangunan hotel mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Pada bagian selatan Pantai Barat ada semenanjung pantai yang dikelola sebagai Taman Wisata Alam Pangandaran atau Cagar Alam Pangandaran.

Pemandangan Pantai Barat Pangandaran

Karakteristik utama Pantai Barat Pangandaran adalah pantai landai yang memanjang dari sisi utara Cagar Alam Pangandaran hingga ke arah barat hampir mendekati area Bandara Susi Air Pangandaran. Garis pantai ini cukup pantai dan diperkirakan lebih dari 2 km atau tepatnya 2.200 meter. Pasir pantai ini terlihat berwarna kuning kecoklatan namun terasa lembut ketika disentuh. Ombak pantai ini tergolong lebih tenang dibandingkan pantai selatan Jawa yang lain. Hal ini dikarenakan posisinya sedikit terlindung dari semenanjung Cagar Alam Pangandaran yang berada di sebelah selatannya.

Pengunjung Pantai Barat Pangandaran

Waktu terbaik untuk mengunjung kawasan Pantai Barat Pangandaran adalah sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Aktivitas pengunjung yang berwisata di area pantai pada waktu sore hari beraneka macam. Ada yang hanya sekedar duduk-duduk diatas pasir atau disekitar gasebo, jalan-jalan santai, jogging mengelilingi kawasan pantai, bermain serta berenang di tepi pantai, hingga bermain selancar (surfing). Perlahan-lahan sinar matahari mulai redup dan mereka menuntup aktivitas mereka dengan menikmati momentum tenggelamnnya matahari. Peristiwa matahari terbenam di pantai ini terlihat menarik karena tenggelam di ujung barat lautan.

Kapal Karam Di Pantai Barat Pangandaran

Secara keseluruhan Pantai Barat Pangandaran cukup menarik dikunjungi sewaktu-waktu tanpa harus datang sore hari untuk menyaksikan momentum matahari terbenam atau sunset. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Wahyu:

    walah ono kapal njempalik :o

    • admin:

      Hi Wahyu,
      Iya mas ada kapal terbalik :-)

  2. rizzaumami:

    jadi pengen ke pantai, pengen basah-basah. btw, itu kapal terbaliknya jadi cagar juga ya?

    • admin:

      Hi rizzaumami,
      Kapal terbaliknya bukan termasuk cagar budaya sih, cuma dibiarkan saja terdampar :-)

Kirim pendapat