Panggung Sanggabuwana Kraton Kasunanan Surakarta

Panggung Sanggabuwana merupakan sebuah menara yang terletak di dalam Kompleks Kraton Kasunanan Surakarta. Dari area luar kompleks kraton, bagian puncak Panggung Sanggabuwana terlihat cukup jelas dengan bentuk atap mirip seperti tutup saji. Kita bisa melihat bangunan Panggung Sanggabuwono jika kita memasuki area kraton melalui Museum Kraton Kasunanan Surakarta.

Panggung Sanggabuwana merupakan bangunan sakral dalam Kraton Kasunanan Surakarta yang tidak sembarangan orang bisa memasukinya tidak terkecuali kerabat kraton. Konon bangunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan antara Sultan Solo dengan Kanjeng Nyi Loro Kidul.

Bangunan Panggung Sanggabuwana Kraton Kasunanan Surakarta

Bangunan Panggung Sanggabuwono memiliki beberapa jendela dan pintu dimana selalu tertutup setiap harinya. Menurut informasi ruangan paling atas bangunan atau menara disediakan sebagai ruang “pertemuan” Nyi Loro Kidul untuk anggoro kasih. Biasanya hari kedatangan Kanjeng Ratu adalah pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon.

Konon pula, di samping untuk tempat istirahat Kanjeng Ratu, tempat itu juga sering digunakan para raja yang berkuasa untuk bertapa sekaligus bertemu dengan Kanjeng Ratu. Pada malam pertemuan biasanya disediakan sesaji dan “perlengkapan” pakaian Sang Ratu. Pada tanggal 19 November 1954 pernah terjadi musibah kebakaran di Panggung Sanggabuwana hingga menghabiskan seluruh isi bangunan kecuali seperangkat pakaian Kanjeng Ratu Kidul (Nyi Loro Kidul). Kejadian ini sempat dikaitkan dengan kurang lengkapnya sesaji yang diberikan di tempat ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Situs Mataram Kerta

Kirim pendapat