Pak Saiman Kromo, Potret Petani Durian Kromo Banyumas

Bagi pecinta buah durian di wilayah Jawa Tengah bagian barat, siapa yang tidak mengenal pesona Durian Kromo Banyumas. Durian lokal ini menjadi primadona masyarakat Banyumas dan sekitarnya karena ukurannya yang cukup besar, berwarna kuning oranye, dan rasa yang lezat diatas rata-rata. Namun sedikit orang mengetahui bahwa Durian Kromo tersebut merupakan hasil rintisan dari seseorang yang tinggal di suatu desa di kecamatan Kemranjen Banyumas.

Pak Kromo Saiman (Sebelah Kiri)

Namanya Haji Saiman namun lebih dikenal dengan nama Pak Kromo sesuai dengan nama durian yang telah dirintisnya. Asal-usul nama “Durian Kromo” sebetulnya sederhana ketika beliau bingung menamai buah durian yang dirintisnya. Kala itu ada seseorang yang memberikan saran nama “Kromo” agar mudah diingat dan makna yang mencitrakan bahwa kromo itu baik atau bagus.

Durian Kromo Banyumas yang dikembangkan oleh Bapak Saiman Kromo ini merupakan durian lokal asli daerah sekitar. Pohon indukkannya berasal dari pohon durian berusia ratusan tahun yang tumbuh di area hutan dekat rumah beliau. Pada waktu itu secara tidak sengaja beliau menemukan pohon tersebut dan mencoba untuk mengembangkannya.

Kira-kira tahun 1985 Bapak Saiman Kromo mencoba mengembangbiakkan Durian Kromo Banyumas dengan menanam bibit durian di halaman rumah. Beberapa tahun berselang usahanya mulai membuahkan hasil dan banyak orang tertarik dengan pesona rasa yang ditawarkan. Sejak saat itu dengan tekad bulat beliau mengembangkan Durian Kromo Banyumas.

Baca Juga  Mie Ayam Pilist, Lezatnya Mie Ayam Jalan Gatsu Solo

Sekarang ini usaha produksi, pembibitan, dan pemasaran buah Durian Kromo Banyumas dilakukan Pak Saiman dibantu beberapa pekerjanya. Meskipun bibit Durian Kromo Banyumas telah tersebar di beberapa daerah, hanya Durian Kromo yang ditanam di area desanya yang boleh dinamakan dengan nama Durian Kromo Banyumas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan daya tarik Durian Kromo Banyumas yang langsung diawasi oleh pelopornya.

Beberapa turunan dari bibit Durian Kromo Banyumas yang berhasil dikembangkan adalah Durian Bhinneka Bawor dari desa Alasmalang, tetangga desa milik Pak Saiman. Durian ini memiliki daya tarik rasa yang mirip atau hampir sama dengan Durian Kromo Banyumas. Namun tetap saja Durian Kromo Banyumas masih menjadi primadona dan incaran pecinta durian karena rasanya yang khas dan telah melegenda di sekitar kawasan Banyumas. Tidak heran bila setiap musim durian banyak pecinta durian yang rela untuk memesan Durian Kromo Banyumas. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat