Pagar Rumah Itu Situs Kalongan Klaten

Pagar Rumah Itu Situs Kalongan Klaten
Rate this post

Situs Kalongan merupakan sisa-sisa batuan candi yang berada di dekat Candi Sojiwan Klaten. Keberadaan situs ini tidak terduga karena kondisinya telah berubah menjadi pagar perumahan warga. Bila kita mengamati dengan jelas batuan penyusun pagar tersebut tampak jelas merupakan batuan penyusun candi. Minimnya ukiran pada batuan tersebut memunculkan dugaan sementara bahwa batuan tersebut merupakan pagar atau alas candi.

Situs Kalongan terletak di dusun Kalongan, desa Kebondalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Merupakan situs candi yang berubah fungsi menjadi pagar rumah warga.

Kondisi Situs Kalongan Klaten

Karena posisinya tepat di selatan Candi Sojiwan, saya tidak kesulitan mencari lokasi Situs Kalongan. Setelah memasuki perkampungan, saya melihat dengan jelas sebuah pagar rumah yang terbuat dari susunan batuan candi yang disusun beberapa tingkat setinggi kurang lebih satu meter. Batuan tersebut tersusun rapi memanjang mengelilingi halaman rumah salah satu penduduk.

Batuan Situs Kalongan Klaten

Rasa penasaran membuat saya terus menyelusuri pagar yang tersusun dari batuan candi tersebut. Bila diperhatikan batuan candi tersebut berwarna coklat keputihan sama seperti batuan candi Sojiwan sebelum di rekonstruksi. Saya berhenti di salah satu sudut pagar untuk menganati secara teliti kondisi batuan candi. Batuan candi tersebut sudah tidak memiliki tekstur dan relief. mungkin disebabkan karena kerusakan batuan yang disebabkan oleh pelapukan dan pergesekan.

Ketika sedang mengamati batuan candi di Situs Kalongan, saya sempat menanyakan mengenai asal-usul Situs Kalongan kepada orang yang saya temui di situs tersebut. Saya hanya mendapatkan informasi bahwa Situs Kalongan telah rusak parah ketika pertama kali ditemukan dan tercecer dibeberapa tempat. Sehingga batu candi dikumpulkan dan akhirnya disusun menjadi pagar.

Keberadaan batuan vital yang memiliki relief dan arca tidak ditemukan lagi di Situs Kalongan. Entah karena hancur akibat pelapukan atau karena kasus pencurian benda-benda bersejarah yang dahulu marak sekali terjadi. Kondisi Situs Kalongan saat ini jauh dari kesan terawat karena hanya dibiarkan disusun menjadi pagar rumah tanpa ada tindakan dari dinas yang berwenang. Posisi sebenarnya Situs Kalongan sudah tidak diketahui akibat kawasan tersebut sudah berubah menjadi area pemukiman. Meskipun hanya tersisa potongan batu, semoga dinas terkait segera melakukan tindakan agar situs ini dapat dipertahankan keberadaannya. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    weh.. jan blusukan tenan..ki..mantaps..eh..om..pernah..denger desa kebangsaan durung..opo malah pernah diulas nang keneh….

    lah..ternyata… ono patunge..ngunu..kok..lagi..sedakep..nang ngarep..watu..bwkkk.wkkk.wkk.. #kabuuuuuur……

  2. Santhi Serad:

    waw, dirimu sangat peduli terhadap situs2 begini ya, salut
    saya tunggu kunjungan baliknya ya ;)

Kirim pendapat