Pabrik Gula Kalibagor Banyumas

Pabrik Gula Kalibagor Banyumas
3 (60%) 1 vote

Pabrik Gula Kalibagor merupakan satu dari enam pabrik gula yang dibangun di wilayah Karesidenan Banyumas oleh pemerintah Belanda saat menjajah di Indonesia. Pada masa kejayaannya, hasil produksi gula dari pabrik ini di didistribusikan ke Eropa untuk memenuhi kebutuhan gula di benua tersebut. Namun hancurnya perekonomian Eropa pada waktu ini membuat sebagian besar pabrik gula di Jawa mengalami bangkrut dan salah satunya terjadi pada pabrik gula ini.

Pabrik Gula Kalibagor (PG Kalibagor) atau bernama Belanda Suikerfabriek Kalibagor (SF Kalibagor) terletak di Jalan Raya Kalibagor Sokaraja, Sokaraja Kidul, Kalibagor, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bangunan Utama Pabrik Gula Kalibagor Banyumas

Lokasi Pabrik Gula Kalibagor berada di tepi jalan utama penghubung antara kota Purwokerto dengan kota karesidenan Banyumas Jawa Tengah. Pengguna kendaraan yang beberapakali lewat jalan tersebut pasti mengetahui keberadaan pabrik gula yang saat ini terlihat terbengkalai dan terkesan angker atau menakutkan ini.

Kondisi Pabrik Gula Kalibagor terlihat terbengkalai karena sudah tidak digunakan lagi untuk produksi gula sejak era kemerdekaan Republik Indonesia. Kepemilikan lahan pabrik gula diambil alih dan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX. Namun PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX tutup ketika Indonesia dilandai krisis pada tahun 1997 dan sempat terjadi aksi penjarahan di dalam pabrik gula. Kemudian beberapa mesin, lokomotif dan lori diamankan serta diangkut ke pabrik gula yang lain. Saat ini kepemilikan lahan pabrik gula kono telah berpindah ke pihak swasta namun masih dibiarkan terlantar dan tidak terawat. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. pest control aman:

    saya tinggal purwokerto, pabrik gula ini sudah lama sekali ada wacana mau direvitalisasi, entah itu dr pihak swasta atau pemerintah. tapi sampai skrg tetap saja terbengkalai. syg sekali terus2an tdk terurus spt itu

  2. bersapedahan:

    spooky ya … cocok untuk wisata mistis :)

    • admin:

      Hi Bersapedahan,
      Untuk dikembangkan sebagai wisata sepertinya tidak terwujud karena sudah diambilalih oleh swasta..entah mau digunakan untuk apa kedepannya :-)

Kirim pendapat