Pengalaman Bermalam Di OTU Hostel Yogyakarta

Pengalaman Bermalam Di OTU Hostel Yogyakarta
4 (80%) 1 vote

OTU Hostel merupakan salah satu pilihan menginap di kawasan Kampung Turis Prawirotaman Yogyakarta. Hostel ini dikategorikan sebagai hotel berbintang 1 (satu) di Singapura dengan fasilitas yang cukup untuk ukuran backpacker atau wisatawan berbudget rendah. Keberadaannya sedikit jauh dari keramaian Prawirotaman sehingga cukup nyaman digunakan untuk beristirahat.

OTU Hostel terletak di Gang Batik Gringsing, Jalan Prawirotaman, kelurahan Brontokusuman, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta 55153.

Lokasi OTU Hostel berada di kawasan Prawirotaman Yogyakarta. Rute menuju hostel ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Pojok Beteng Wetan dan Jalan Parangtritis. Memasuki perempatan Pasar Prawirotaman ambil jalan ke kiri atau ke timur masuk kawasan Kampung Prawirotaman. Perhatikan sisi kiri ada papan nama ViaVia Guest House dan masuk ke dalam gang yang sama. Ikuti gang jalan hingga menemukan pertigaan kemudian ambil jalan ke kanan. Posisi OTU Hostel berada di kiri jalan perkampungan penduduk. Akses menuju ke hostel ini dapat menggunakan kendaraan roda empat namun lebih mudah diakses kendaraan roda dua karena gang jalan yang sempit. Area parkir yang disediakan cukup untuk menampung hingga 5 (lima) kendaraan roda 4 dan belasan kendaraan roda dua.

OTU Hostel merupakan penginapan dormitory dimana dalam satu kamar terdapat banyak tempat tidur dan bertingkat. Tamu hostel yang menginap di OTU Hostel harus mengetahui konsep hostel sendiri dimana berbeda dengan konsep hotel secara umum. Konsep hostel mirip seperti pada asrama dimana dalam satu kamar terdapat beberapa tempat tidur atau ranjang tidur dimana tamu hotel harus berbagi ruangan kamar, kamar mandi, fasilitas yang ada di hostel dengan tamu atau orang lain. Konsep menginap di hostel membuat tamu menginap melayani diri sendiri mulai dari membawa barang-barang bawaan ke kamar, antri kamar mandi, membuat teh/kopi sendiri di dapur dan sebagainya.

OTU Hostel terdiri dari bangunan 2 (dua) lantai dan halaman depan untuk parkir kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Hostel ini memiliki pilihan kapasitas kamar mulai per kamar 8 orang sampai yang 16 orang. Nilai lebih hostel ini terletak pada pembagian kelas kamar antara kamar khusus laki-laki (cowok) dengan kamar khusus perempuan (cewek) meskipun hostel ini juga menyediakan kamar campur (laki-laki-perempuan satu kamar). Tidak ada keamanan untuk kamar karena tidak dilengkapi dengan kunci dan pintu masuk hostel terlihat terbuka. Namun sepertinya aman karena dalam pengawasan penuh oleh resepsionis 24 jam dan kamera pengawas.

Fasilitas yang disediakan hostel ini cukup lengkap mulai dari area parkir, lobi hostel, kolam renang, kamar mandi, ruang makan sekaligus ruang nongkrong, dapur, dan internet nirkabel (WiFi). Kamar tempat menginap hanya terisi tempat tidur bertingkat dan loker besi tempat menyimpan barang saja. Pada setiap masing-masing tempat tidur atau bed disediakan sebuah bantal kepala, selimut, lampu baca atau lampu penerangan kecil dan 1-2 colokan listrik (stop kontak/power plug). Selain itu beberapa tempat tidur yang ada telah dilengkapi dengan tirai sehingga memberikan kesan lebih pribadi (private). Tamu hostel bisa menggunakan layanan loker besi secara gratis dengan menghubungi resepsionis di lobi hostel untuk meminjam kunci loker dengan uang jaminan.

OTU Hostel menyediakan kamar mandi dan wc secara terpisah di luar kamar dan tersebar di beberapa titik. Rasio antara tamu hostel dengan kamar mandi adalah (1:6) atau 1 (satu) kamar mandi untuk 6  (enam) tamu/orang. Sedangkan rasio antara tamu Hostel dengan wc adalah (1:10) atau 1 (satu) wc untuk 10 (sepuluh) tamu/orang. Kamar mandi berukuran standar dengan fasilitas air panas atau hot shower. Kekurangannya kamar mandi dan wc yang disediakan tidak dipisah untuk laki-laki dan perempuan. Peralatan mandi seperti handuk disediakan oleh pengelola dan ditaruh diatas tempat tidur. Sedangkan sabun mandi berikut shampo disediakan di setiap kamar mandi.

Dari segi layanan, OTU Hostel hanya menyediakan layanan breakfast atau makan pagi. Untuk minuman sendiri, tamu hostel bebas membuat teh/kopi yang tersedia tanpa ada batasan. Namun jangan lupa setelah menggunakan alat-alat dapur segera dicuci dan dikembalikan ke tempatnya. Aturan lain di OTU Hostel hanya diperbolehkan merokok di ruang nongkrong samping kolam renang saja. Bila ketahuan melanggar aturan akan dikenakan sangsi. Harga yang ditawarkan OTU Hostel tergolong murah dan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Secara keseluruhan OTU Hostel dapat menjadi salah satu pilihan menginap ala backpacker di pusat kota Yogyakarta/Jogja dengan budget terbatas dan tidak membutuhkan fasilitas berlebih pada tempat menginap. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
OTU Hostel
Gang Batik Gringsing, Jalan Prawirotaman, kelurahan Brontokusuman, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta 55153

Kirim pendapat