Review Oli Shell Advance 4T AX7 10W30 Matic

Oli Shell Advance 4T AX7 10W30 Matic merupakan salah satu tipe oli yang dikeluarkan pabrikan PT Shell Indonesia. Oli ini khusus diproduksi untuk kendaraan sepeda motor berjenis matic (automatic). Oli ini berjenis oli sintesis (synthetic) dimana diformulasikan dengan Shell Active Cleansing Technology yang membantu mencegah penggumpalan partikel kotoran yang membentuk endapan di mesin. Produk ini dapat ditemui di bengkel-bengkel sepeda motor hingga SPBU Shell di seluruh Indonesia. Hanya saja pembeli harus berhati-hati karena banyak barang aspal (asli tapi palsu) mengenai produk oli ini.

Pengalaman pertama menggunakan Oli Shell Advance 4T AX7 10W30 Matic, suara mesin motor matic Honda Beat FI lebih halus dan lebih kalem dibandingkan dengan oli sebelumnya yaitu AHM Oil MPX-2 10W30 SJMB 0.8L yang disediakan oleh dealer resmi Honda dan Oli Repsol Moto 4T 10W30 Matic yang pernah saya coba. Proses pemanasan mesin saat pertamakali dihidupkan tidak membutuhkan waktu yang lama karena encernya oli. Tarikan awal motor matic terasa lebih responsif dan tidak terkesan berat. Saat diujicoba melewati beberapa tanjakan mesin cukup memiliki akselerasi yang cukup memuaskan. Hanya saja pengalaman saya membuktikan bahwa Oli Shell Matic lain yaitu Oli Shell Advance 4T AX7 10W40 Scooter sedikit lebih unggul karena rentang angka SAE yang lebih lebar.

Baca Juga  Review AHM Transmission Gear Oil

Penggunaan Oli Shell Advance 4T AX7 10W30 Matic diatas pemakaian 2.000 km baru mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin sepertinya belum terasa penurunannya dan masih terasa nyaman. Pemakaian bahan bakar (bensin) masih normal seperti biasa dan belum terasa perubahannya. Penggantian oli mesin secara rutin bertujuan agar mesin motor lebih awet dan tetap berfungsi normal. Mengenai harga tergolong terjangkau dan bersaing dengan harga produk oli merk lain. (text/foto: annosmile)

DESKRIPSI

Brand: Shell Advance

Tipe: 4T Matic

Jenis: Synthetic

SAE: 10W30

API: SM

JASO: MB T903:2008

KESDM RI NPT:

Harga: Rp 45.000,- (*harga dapat berubah sewaktu-waktu*)

Kirim pendapat