Review Oli Pertamina Enduro Matic 10W30

Oli Pertamina Enduro Matic 10W30 merupakan salah satu tipe oli yang dikeluarkan pabrikan Oli Pertamina Indonesia. Oli ini khusus diproduksi untuk kendaraan sepeda motor berjenis matic (automatic). Oli ini berjenis oli sintesis (synthetic) dimana menggunakan bahan additive Molybdenum yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada mesin yang bertemperatur dan berkecepatan tinggi. Produk ini dapat ditemui di bengkel-bengkel sepeda motor hingga SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Hanya saja pembeli harus berhati-hati karena banyak barang aspal (asli tapi palsu) mengenai produk oli ini.

Pertamina Enduro Matic 10W30

Pengalaman pertama menggunakan Oli Pertamina Enduro Matic 10W30, suara mesin motor matic Honda Beat FI lebih halus dan lebih kalem dibandingkan dengan oli sebelumnya yaitu AHM Oil MPX-2 10W30 SJMB 0.8L yang disediakan oleh dealer resmi Honda. Perbandingan lain dengan Repsol Moto 4T 10W30 Matic, suara mesin terdengar lebih halus meskipun keduanya memiliki kekentalan (SAE) yang sama yaitu 10W30. Tarikan awal motor matic lebih responsif namun sedikit terasa berat dibandingkan Repsol Moto T4 10W30 Matic. Proses pemanasan mesin saat pertamakali dihidupkan tidak perlu lama karena encernya oli. Mengenai kinerja, oli ini cocok digunakan untuk medan perkotaan hingga perjalanan dengan jarak sedang. Perjalanan jauh menggunakan oli Enduro Matic 10W30 sepertinya kurang direkomendasikan karena mesin cepat panas dan performa perlahan-lahan menurun.

Baca Juga  Makna Kode API Pada Oli Pelumas

Penggunaan oli Pertamina Enduro Matic 10W30 diatas pemakaian 1.500 km baru mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin mulai terasa berat sama seperti penggunaan oli AHM Oil MPX-2 10W30 SJMB. Pemakaian bahan bakar (bensin) mulai terasa boros walaupun tidak signifikan. Informasi lain menyebutkan bahwa oli Pertamina Enduro Matic 10W30 tahan menguap dan tidak berkurang banyak saat melakukan penggantian oli.  (text/foto: annosmile)

DESKRIPSI

Brand: Pertamina Enduro

Tipe: 4T Matic

Jenis: Synthetic

SAE: 10W30

API: SL

JASO: MB T903:2008

KESDM RI NPT: AB006E1103010213

Harga: Rp 40.000,- (*harga dapat berubah sewaktu-waktu*)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Majalah Lampung:

    Terimakasih rivewnya mas

    • admin:

      Hi Majalah Lampung,
      Iya sama2, semoga bermanfaat ya :-)

Kirim pendapat