Oblang, Sejenis Ketan Durian Khas Banyumas

Oblang atau Oblang Durian merupakan salah satu kuliner Banyumas yang saat ini jarang ditemui. Keberadaannya kalah jauh populer dibandingkan gethuk goreng yang telah mendapat hati pada sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke wilayah Banyumas. Untuk mencicipi oblang, cukup sulit menemukannya di warung-warung karena tidak diperjualbelikan secara bebas.

Meracik Oblang Durian Khas Banyumas

Biasanya oblang hanya ditemui ketiak seseorang menyelenggarakan hajatan atau sukuran dan tidak semua orang yang memiliki hajat membuatnya. Selain itu kadang seseorang hanya membuat oblang untuk konsumsi pribadi bersama keluarganya. Sepertinya belum ada seseorang yang berniat mengkomersila makanan ini dan diperjualbelikan secara bebas.

Saat menghadiri perhelatan Juguran Pesta Durian Alasmalang 2014, saya menemui makanan Oblang dan tertarik untuk mencicipinya. Bau makanan ini cukup menyengat karena olahan dari buah durian yang menjadi komoditas utama daerah Alasmalang. Langsung saja saya menuju ke stan Oblang untuk segera mencicipinya

Oblang khas Banyumas terbuat dari ketan, durian, gula jawa, dan kadang diberi tambahan parutan kelapa. Penambaha garam dan bumbu lain berfungsi untuk menambah rasa gurih.

Sajian Oblang Durian Khas Banyumas

Cara menyajikan sepiring oblang cukup mudah dengan mengambil beras ketan terlebih dahulu kemudian dibagian atasnya diberi saus yang berasal olahan durian sebagai pelengkap atau pendamping. Jumlah saus durian disesuaikan dengan selera masing-masing.

Rasa Oblang cukup dominan buah durian dan rasa manis dari gula jawa yang ditambahkan dalam memproses saus durian. Cita rasanya cukup menarik meskipun bagi orang yang kurang suka dengan rasa manis akan terganggu dan mudah kehilangan selera. Makanan yang unik ini diharapkan menjadi salah satu kuliner alternatif yang harus dilestarikan di wilayah Banyumas dan bersaing dengan kuliner khas Banyumas yang telah terkenal terlebih dahulu. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Secangkir Kopi Posong Dan Hangatnya Suasana Pagi

Kirim pendapat