Ngancar Bantul, Antara Lokasi Memancing Dan Pertemuan Sungai Bedog-Progo

Ngancar Bantul, Antara Lokasi Memancing Dan Pertemuan Sungai Bedog-Progo
4 (80%) 2 vote[s]

Ngancar sebenarnya merupakan muara sungai Bedog sekaligus pertemuan (tempuran) dengan sungai Progo yang menjadi perbatasan antara kabupaten Bantul dengan kabupaten Progo. Keberadaannya saat ini lebih dikenal sebagai salah satu lokasi memancing dan berwisata kuliner. Pada hari libur tampak para pemancing di sekitar pertemuan dua aliran sungai tersebut.

Ngancar atau  Tempuran Bedog berada di dusun Mangir Kidul, desa Sendangsari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jembatan Ngancar Dan Kondisi Muara Sungai Bedog Bantul

Akses jalan menuju Ngancar Bantul lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua dibandingkan kendaraan roda empat. Kondisi jalan yang sempit dan rusak menjadi salah satu penyebabnya. Keberadaan Ngancar ditandai dengan sebuah jembatan kecil yang menyeberangi aliran sungai Bedog dan letaknya berada di dekat pertemuan antara sungai Bedog dengan sungai Progo. Tidak ada papan petunjuk arah menuju Ngancar sehingga pengunjung harus bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi tersebut.

Jembatan Ngancar Bantul Yang Melintasi Sungai Bedog

Kondisi aliran Sungai Bedog terlihat lebih tenang dengan debit air tidak terlalu besar karena merupakan sungai kecil. Namun ketika musim penghujan, air sungai Bedog terlihat sedikit kecoklatan dan debitnya sedikit lebih banyak. Berbagai macam pohon yang rindang banyak tumbuh di tepi sungai Bedog membuat suasana menjadi lebih sejuk dan terlindung dari sengatan sinar matahari.

Jembatan yang melintasi sungai Bedog di daerah Ngancar sebenarnya merupakan jembatan tua yang telah dibangun ulang untuk memudahkan lalu lintas masyarakat sekitar. Didekat jembatan tersebut terdapat selokan atau saluran air irigasi dimana melewati sungai Bedog dengan pipa yang tertanam di dasar sungai. Tidak diketahui kapan dibangunnya saluran air irigasi dan jembatan penyeberangan tersebut.

Baca Juga  Pengalaman Bermalam Di Homestay Tembi Bantul

Kondisi Daerah Pertemuan Antara Sungai Bedog Dengan Sungai Progo Di Bantul

Aktivitas yang terlihat disekitar Ngancar atau muara sungai Bedog adalah para pemancing dan pengendara kendaraan yang melewati jembatan Ngancar. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit pemancing di air tawar dan banyak orang yang datang memancing dari luar daerah. Beragam jenis ikan ditemukan di tempat ini seperti nila, tawes, bawal, lele, sidat, dan sebagainya. Para pemancing ramai memancing di tempat ini setiap hari libur atau mulai sore hingga malam hari. Daya tarik lain di sekitar Ngancar adalah warung-warung makan yang menyediakan sajian kuliner berupa olahan ikan air tawar yang sebagian dipanen dari sungai Bedog. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Muh.Ahsan:

    Biasanya padahal tepuran aliran sungai itu banyak cerita mistis-nya.

  2. Tirta Nata:

    Bener aku asli Bantul ning ngenani kali Bedog, aku babar pisan ira ngerti blas aku luwih ngerti yen kali Praga, Opak, Winanga, lan sethithik kali Oya (a nglegena kanggo Praga, Winanga, lan Oja). Tulung kanggo sing pirsa di jlentrehake kahanan kali Bedog sawutuhe. Matur nuwun

Kirim pendapat