New Selo, Potret Pos Pendakian Gunung Merapi

Sambil menelusuri Jalur Borobudur-Selo-Solo diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, akhirnya saya menyempatkan diri mengunjungi pos pendakian Gunung Merapi yang terletak di New Selo. Selain berfungsi sebagai pos pendakian, kawasan New Selo juga digunakan sebagai gardu pandang.

New Selo merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Selain sebagai pos pendakian, New Selo juga sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan berupa pemandangan alam yang terdapat disekitar lereng gunung.

Untuk menuju kawasan wisata New Selo, kami harus melalui jalanan yang sempit dan cukup menanjak. Bila belum terampil mengendalikan sepeda motor saat melewati tanjakan, maka terpaksa penumpang sepeda motor harus turun dan sedikit mendorong untuk sampai atas. Di sepanjang jalan menuju New Selo, kami hanya menemui kebun tempat budidaya tanaman hias khas pegunungan, belum tampak adanya homestay atau penginapan di kawasan ini.

Sebelum memasuki area parkir kawasan wisata New Selo, kami melewati sebuah rumah kecil yang digunakan sebagai pos pendaftaran untuk pendakian ke puncak Gunung Merapi. Di dalam pos tersebut disediakan persewaan kamar untuk bermalam, kamar mandi, dan etalase yang menjusl souvenir seperti stiker dan gantung kunci. Meskipun bangunan tersebut berukuran kecil, selalu ramai pada musim-musim pendakian.

Keunikan kawasan wisata New Selo adalah tulisan NEW SELO dengan meniru konsep tulisan Hollywood di Amerika Serikat. Tulisan New Selo memiliki ukuran huruf cukup besar dan terlihat dengan jelas dari bawah gunung tempat ibukota kecamatan Selo berada.

Dari New Selo, kita bisa melihat pemandangan yang terdapat di sebelah bawah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang ada disebelahnya. Bila beruntung, dari gardu pandang New Selo kita bisa melihat puncak Gunung Merbabu dari kejauhan. Cukup disayangkan, lokasi yang cukup indah ini kurang terawat. Minimnya fasilitas untuk pengunjung dan daya tarik wisata lain yang berupa gardu pandang dirasa sangat kurang untuk memuaskan wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini. Kita berharap New Selo menjadi obyek wisata andalan yang dinikmati wisatawan, tidak hanya sebagai pos pendakian Gunung Merapi semata. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nurrahman:

    masalah klasik parwisata, ilmu pemasaran ga ada..
    oiya, ane lum pernah kesana e bro :(

  2. mawi wijna:

    iiya terakhir kali lewat sana kayaknya belum ada apa-apanya je…

  3. pandhawa:

    Sempat dulu main ke Selo tapi belum pernah mampir ke new Selo. Boleh juga sebagai tempat kunjungan wisata berikutnya.

  4. Gilang:

    Bagaimana merapi? apakah sudah bisa di daki sampai puncak? trims info nya, salam hormat,

Kirim pendapat