Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih, Kesederhanaan Kuliner Legendaris Khas Boyolali

Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih merupakan salah satu kuliner khas Boyolali. Warung nasi tumpang ini cukup legendaris dan keberadaannya sudah ada sejak tahun 1984. Kondisi warung nasi tumpang ini terlihat sederhana dari tepi jalan dengan pagar tanaman perdu. Saat ini pemilik warung tidak atau belum membuka cabang di tempat lain.

Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih beralamat di Jalan Tentara Pelajar No. 107, dusun Kiringan 2, desa Kiringan, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali 57314.

Lokasi Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih berada di sebelah utara Pasar Sunggingan atau di tepi Jalan Lingkar Boyolali dari arah Semarang menuju ke Surakarta atau Solo. Letak warung ini terlihat jelas dari perempatan tanpa lampu lalu lintas. Area parkir kendaraan roda dua atau motor berada di halaman warung dan kendaraan roda empat atau mobil di tepi jalan. Ada petugas parkir yang cukup tanggap mengatur parkir dan lalu lintas agar tidak menggangu pengguna jalan yang melintas.

Pengunjung Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih yang baru datang dipersilakan mengambil bungkusan nasi tumpang yang berada di sebuah wadah dan memesan minuman kepada pelayan warung. Menu minuman yang ditawarkan antara lain susu sapi segar, teh, dan jeruk. Selanjutnya pengunjung mencari tempat duduk yang masih kosong untuk menyantap nasi tumpang. Di setiap meja disediakan hidangan pendamping unttuk menikmati nasi tumpang seperti tahu goreng, tempe goreng, sate telur, lentho khas Boyolali, dan aneka kerupuk.

Baca Juga  Masjid Golo, Masjid Peninggalan Sunan Pandanaran Di Klaten

Satu bungkus nasi tumpang di Warung Pak Suprih berisi nasi putih, sayuran rebus, sepotong tahu goreng, dan tentu saja sambal tumpang. Sambal Tumpang khas Boyolali ini dibuat dengan bahan dasar tempe busuk, barang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, kencur, dan cabai. Seluruh bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk dan diencerkan dengan tambahan air. Cita rasa sambal tumpang dipadu dengan nasi putih dan sayuran cukup khas dengan rasa gurih, sedikit manis, dan sedikit asam. Bumbunya tidak terlalu pekat ketika disantap dan cocok untuk semua lidah penikmat makanan.

Menu susu sapi segar di Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih disajikan dengan gelas kaca berukuran tanggung. Cita rasa susu segar memang khas karena langsung dari peternak sapi perah yang berada di sekitar kabupaten Boyolali. Tidak ada campuran santan dalam sajian susu sapi segar ini yang kadang kita temukan pada warung susu sapi segar di kota-kota. Minuman susu sapi segar ini cukup cocok menjadi kombinasi ketika sarapan pagi antara nasi tumpang dan susu sapi segar. Harga makanan dan minuman di Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih tergolong standar untuk ukuran harga makanan di sekitar kota Boyolali dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Nasi Tumpang sangat direkomendasikan sebagai menu sarapan di sekitar Boyolali selain soto khas Boyolali yang lebih dikenal. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Nasi Tumpang dan Susu Segar Pak Suprih
Jl. Tentara Pelajar No. 107, dusun Kiringan 2, desa Kiringan, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali 57314

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.00 s/d 14.00 WIB

Kirim pendapat