Nasi Tumpang Bu Sagi, Daya Tarik Kuliner Khas Di Pusat Kota Boyolali

Sego Tumpang Bu Sagi/Mak Sagi atau sekarang dikenal dengan nama Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi adalah salah satu kuliner khas Boyolali. Keberadaannya cukup dikenal bagi pecinta kuliner yang kebetulan berkunjung ke kota Boyolali. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan cukup lengkap tidak hanya sajian nasi tumpang khas Boyolali saja.

Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi beralamat di Jl. Anggrek, dusun Surowedana, desa Pulisen, kecamatan Boyolali, Kkabupaten Boyolali 57316.

Lokasi Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi berada di pusat kota Boyolali dan cukup mudah diakses dari Simpang Lima Boyolali. Rute menuju warung ini dari Simpang Lima Boyolali ke arah barat melewati Jalan Merapi. Kemudian ada sebuah pertigaan belok ke selatan atau ke kiri menuju Jalan Telasih hingga tiba di Jalan Anggrek. Posisi Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi berada di tepi Jalan Anggrek tersebut. Area parkir yang disediakan cukup untuk menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi ada banyak pilihan mulai dari nasi tumpang, bubur tumpang, nasi pecel, bubur pecel, opor ayam, nasi garang asem, dan sebagainya. Pilihan jenis minuman pun cukup beragam mulai dari teh panas/es, jeruk panas/es, es dawet, es campur, es tape, es soda gembira, kopi, susu, jahe, stmj, dan sebagainya.

Penyajian bubur tumpang di Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi menggunakan piring berukuran tanggung. Dalam sepiring bubur tumpang terdiri dari bubur, sayuran, dan paling atas berupa kuah sambal tumpang yang terlihat kental. Porsinya cukup mengenyangkan dan pas untuk sarapan pagi. Cita rasa sambal tumpang dipadu dengan bubur dan sayuran cukup khas dengan rasa gurih, sedikit manis, dan sedikit asam.

Baca Juga  Lesehan SOS, Favorit Santri Ponpes Krapyak Yogyakarta

Penyajian menu nasi tumpang di Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi menggunakan piring berukuran tanggung. Dalam sepiring nasi tumpang terdiri dari nasi putih, sayuran, potongan tahu, dan paling atas berupa kuah sambal tumpang yang terlihat kental. Penampilannya sekilas seperti nasi pecel karena kuah sambal tumpang yang kental. Untuk cita rasanya sama seperti bubur tumpang karena hanya berbeda penggunaan nasi dan buburnya saja. Bagi saya pribadi cita rasa sambal tumpang khususnya nasi tumpang tergolong biasa dan tidak spesial seperti yang dibicarakan banyak orang. Namun secara keseluruhan masih layak untuk dinikmati atau disantap.

Lauk untuk menikmati Sambal Tumpang Di Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi cukup bervariasi dibandingkan dengan warung nasi tumpang yang lain. Hal ini menjadi kelebihan warung nasi tumpang ini disamping pilihan menu makanan yang lain. Di meja dekat dekat mengambil makanan tersedia lauk tambahan seperti tempe goreng, bakwan goreng, pisang goreng, tahu isi goreng, lentho, tahu bacem, risoles, daging ayam, sate telur, sate usus, dan aneka kerupuk. Harga makanan dan minuman di Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi tergolong agak mahaluntuk ukuran harga makanan di sekitar kota Boyolali dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan warung ini dapat menjadi pilihan bersantap nasi tumpang dengan aneka lauk tambahan dan dapat menjadi pilihan bersantap tanpa mengenal waktu karena warung ini buka sejak pagi hari hingga malam hari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bubur dan Nasi Tumpang Bu Sagi
Jl. Anggrek, dusun Surowedana, desa Pulisen, kecamatan Boyolali, Kkabupaten Boyolali 57316.

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 05.00 s/d 20.30 WIB

Kirim pendapat