Asiknya Sarapan Nasi Ponggol Di Sekitar Alun-Alun Tegal

Nasi Ponggol merupakan salah satu kuliner khas kota Tegal yang banyak ditemukan pada pagi hari. Tidak heran bila makanan ini identik sebagai hidangan sarapan favorit warga Tegal. Namun seiring berjalannya waktu dan zaman, hidangan Nasi Ponggol ini dapat ditemukan pada waktu siang hingga malam hari.

Lokasi penjual Nasi Ponggol banyak ditemukan di sepanjang jalan menuju Alun-Alun Tegal dari Stasiun Tegal. Rata-rata penjual tersebut menggunakan gerobak dorong dan menyediakan tikar bagi pengunjung yang akan menikmati Nasi Ponggol di tempat. Daftar menu makanan dan minuman berikut harganya rata-rata tercantum pada dinding gerobaknya.

Penyajian Nasi Ponggol terlihat sudah modern dimana menggunakan piring plastik yang dilapisi dengan kertas minyak. Saat ini sudah mulai jarang yang menggunakan daun pisang sebagai alas penyajian. Seporsi Nasi Ponggol terdiri dari nasi putih, oreg tempe (ada yang menyebutnya sambal goreng tempe), teri kacang, bakmi goreng, sambal beserta krupuk. Keberadaan oreg tempe ini merupakan kunci bahwa hidangan tersebut merupakan Nasi Ponggol dan bukan nasi lain. Oreg tempe dibuat dengan cara tempe dipotong dadu kemudian dijemur selama satu hari. Hari berikutnya baru dimasak bumbu pedas dicampur santan hingga mengering. Pilihan lauknya bervariasi mulai dari gorengan (tempe, bakwan), telur goreng, hingga daging ayam. Cita rasa yang ditawarkan Nasi Ponggol cukup menarik dimana kombinasi rasa gurih dan sedikit pedas. Harga yang ditawarkan tergolong murah dan sebanding dengan cita rasa yaang ditawarkan. Secara keseluruhan sajian Nasi Ponggo dapat menjadi salah satu pilihan sarapan di pusat kota Tegal tepatnya di sekitar Alun-Alun Kota Tegal (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Goa Seplawan Purworejo, Antara Wisata Alam dan Sejarah

Kirim pendapat