Nasi Pecel Yu Gembrot, Cita Rasa Pecel Asli Madiun

Nasi Pecel Yu Gembrot, Cita Rasa Pecel Asli Madiun
2 (40%) 2 votes

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner di kota Madiun. Pecel khas Madiun merupakan hidangan utama yang ditawarkan oleh warung nasi pecel ini. Cita rasa Pecel Madiun ini sebenarnya sama seperti dengan pecel di daerah lain di Jawa Timur, hanya lidah yang dapat membedakannya.

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot beralamat di Pasar Besi Jaya, Jl. Imam Bonjol, Madiun. Menyediakan menu utama berupa nasi pecel khas Madiun, sambal pecel, kripik paru, dan daging sapi. Warung ini buka mulai pukul 06.30 hingga pukul 20.00.

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot Madiun

Di kota Madiun sendiri, banyak warung dan rumah makan Pecel Madiun yang cukup terkenal dan legendaris. Kali ini kami menyempatkan mampir untuk mencicipi Pecel Madiun di Warung Nasi Pecel Yu Gembrot. Lokasi warung ini cukup strategis dan mudah ditemui karena masih diseputaran kota Madiun. Beberapa menit perjalanan kami tiba di Warung Nasi Pecel Yu Gembrot yang berada di area bangunan Pasar Besi.

Setelah memarkir kendaraan, kami langsung memasuki Warung Nasi Pecel Yu Gembrot yang masih sepi. Sengaja kami datang mengindari jam makan siang dan memilih datang lebih pagi untuk menikmati nasi pecel sambil bersantai. Warung ini dibagi dua ruangan, ruangan pertama sebagai tempat duduk pelanggan saat bersantap nasi pecel dan ruangan kedua merupakan tempat “Yu Gembrot” meracik nasi pecel dari bahan-bahan yang diletakkan di sebelah depan dan sampingnya.

Meracik Pesanan Nasi Pecel Di Warung Yu Gembrot Madiun

Kami sempat kaget bahwa “Yu Gembrot” yang meracik Nasi Pecel itu orangnya terlihat biasa, bugar, berpakaian wajar, dan melayani dengan cekatan dihadapan konsumen. Tidak seperti makna “gembrot” yang digambarkan sebagai orang yang bertubuh besar, gemuk, dan biasa menggunakan daster. Pelayan yang berada di samping “Yu Gembrot” sibuk mempersiapkan daun pisang yang digunakan sebagai pengganti piring.

Nasi Pecel Madiun di Warung Yu Gembrot disajikan dengan pincuk atau piring dari daun pisang untuk memberikan kesan unik dan bau yang khas dari daun pisang. Pertama-tama nasi ditaruh pada bagian paling bawah kemudian dibagian atasnya disusun rebusan sayuran dan terakhir disiram dengan sambal pecel. Rebusan sayuran yang digunakan biasanya bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) dan lain-lain. Tidak lupa sepotong peyek kacang ditambahkan untuk melengkapi rasa Nasi Pecel Madiun. Selanjutnya penikmat Nasi Pecel Madiun dipersilakan memilih lauk yang akan dimakan bersama Nasi Pecel Madiun seperti daging ayam, daging sapi, jerohan sapi, tempe goreng, telur, dan kripik paru.

Sepincuk Nasi Pecel Madiun Warung Yu Gembrot

Rasa Nasi Pecel Madiun di Warung Yu Gembrot ini cukup gurih, lezat, dan sedikit pedas. Bumbu sambel pecel di warung ini memang sedikit lebih pedas dibandingkan dengan warung nasi pecel yang lain. Meski demikian orang yang tidak menyukai rasa pedas masih nyaman untuk menikmatinya. Komposisi sayuran rebus yang disajikan secara segar cukup berimbang dan tidak ada dominasi jenis sayuran tertentu. Lauk jerohan sapi yang ditambahkan pun cukup empuk dan gurih di mulut.

Nasi Pecel Madiun di Warung Yu Gembrot menarik untuk dicicipi dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Pecel Madiun di kota Madiun. Harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dibandingkan nasi pecel di warung kakilima namun Anda tidak akan kecewa dibuatnya. Pada jam-jam istirahat siang atau menjelang sore hari, warung ini ramai oleh pengujung dan bersiaplah untuk sabar mengantri. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Nasirullah Sitam:

    Wah pecelnya bikin ngiler :-D

Kirim pendapat