Nasi Pecel Pojok, Kuliner Legendaris Di Kota Madiun

Nasi Pecel Pojok, Kuliner Legendaris Di Kota Madiun
3.2 (64%) 5 votes

Nasi Pecel Pojok merupakan pilihan kuliner nasi pecel di sekitar kota Madiun. Warung nasi pecel ini cukup legendaris karena berusia hampir setengah abad dan termasuk salah satu warung nasi pecel tertua di kota Madiun. Menu utama yang disajikan warung ini adalah nasi pecel khas Madiun dengan beraneka macam lauk. Cita rasanya cukup khas dan konon selalu terjaga dengan tidak membuka cabang di tempat lain.

Nasi Pecel Pojok Madiun atau Depot Nasi Pecel Pojok beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 121 Kota Madiun, Jawa Timur. Warung ini buka terbagi pada dua shift waktu yaitu pagi hari dan sore hari.

Warung Nasi Pecel Pojok Madiun Dari Tepi Jalan

Lokasi Nasi Pecel Pojok berada di tepi jalan satu arah dan merupakan jalan utama yang melintasi kota Madiun. Letak warung nasi pecel tersebut berada dalam satu deretan dengan wisata kuliner nasi pecel yang lain seperti Nasi Pecel 99 dan Nasi Pecel Bu Wirkabul. Sesuai dengan namanya, posisi warung nasi pecel ini benar-benar berada tepat di pojok jalan pada sebuah perempatan kecil jalan. Perempatan tersebut tempatnya pada Jl. Progo dan Jl. Ringin yang membelah Jalan HOS Cokroaminoto sebelum SD Santa Maria.

Warung Nasi Pecel Pojok ini telah mendapat ijin berjualan dari walikota Madiun pada tanggal 5 Agustus 1967. Plakat ijin berjualan ini dapat dilihat pada salah satu dinding warung.

Suasana Warung Nasi Pecel Pojok Madiun

Nasi Pecel Madiun di Warung Nasi Pecel Pojok Madiun disajikan dengan pincuk atau piring dari daun pisang untuk memberikan kesan tradisional. Pertama-tama nasi ditaruh pada bagian paling dasar kemudian dibagian atasnya disusun rebusan sayuran. Rebusan sayuran yang digunakan biasanya bayam, tauge, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) dan lain-lain. Sambal pecel yang digunakan untuk menyirami nasi pecel ada dua macam pertama sambal pecel yang tidak pedas dan kedua sambal pecel yang pedas. Tidak lupa sepotong peyek kacang dan kerupuk karak ditambahkan untuk melengkapi rasa Nasi Pecel Madiun. Selanjutnya penikmat Nasi Pecel Madiun dipersilakan memilih lauk yang akan dimakan seperti daging ayam, daging sapi, jerohan sapi, tempe goreng, bakwan goreng, tahu bacem, telur goreng, sate telur puyuh, dan kripik paru.

Sajian Nasi Pecel Pojok Madiun

Cita rasa Nasi Pecel Madiun di Warung Nasi Pecel Pojok ini terasa gurih, lezat, dan pedas. Meski demikian orang yang tidak menyukai rasa pedas masih nyaman untuk menikmatinya karena ada pilihan sambal pecel yang tidak pedas. Porsi yang disajikan lumayan banyak dan cukup mengenyangkan isi perut. Komposisi sayuran rebus yang disajikan berimbang dan tidak ada dominasi jenis sayuran tertentu. Lauk limpa atau jerohan sapi yang saya pilih untuk menikmati hidangan nasi pecel terasa empuk dan gurih.

Secara keseluruhan cita rasa yang ditawarkan Nasi Pecel Pojok Madiun cukup memuaskan dan tidak mengecewakan penikmat nasi pecel yang datang ke tempat ini. Harga yang ditawarkan terjangkau untuk sebagai lapisan masyarakat dan merupakan harga normal sajian nasi pecel di sekitar Kota Madiun. Selain itu pengujung dapat membawa pulang bumbu pecel khas Madiun untuk meracik sendiri sajian pecel di rumah. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Nasi Pecel Pojok Madiun (Depot Nasi Pecel Pojok)
Jl. HOS Cokroaminoto No. 121 Kota Madiun, Jawa Timur

Jam Buka
Pagi hari mulai pukul 07.00 s/d 11.00 WIB
Sore hari mulai pukul 17.00 s/d 23.00 WIB

Kirim pendapat