Sensasi Rasa Nasi Kapau Usus Sapi Di Warung Nasi Kapau Uni Upik Jakarta

Sensasi Rasa Nasi Kapau Usus Sapi Di Warung Nasi Kapau Uni Upik Jakarta
4 (80%) 1 vote

Nasi Kapau Uni Upik merupakan salah satu warung yang menyajikan hidangan khas Kapau Sumatera Barat di sekitar kota Jakarta. Warung ini cukup populer karena cita rasanya yang khas dan telah lama mewarna dunia kuliner kota Jakarta meskipun bukan kuliner asli. Menurut informasi yang beredar, warung ini telah ada sejak tahun 1985.

Nasi Kapau Uni Upik beralamat di Jalan Kramat Raya No. 11-13, kelurahan Kramat, kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Lokasi Warung Nasi Kapau Uni Upik berada di sentra makanan khas Bukittinggi dekat dengan Stasiun Pasarsenen Jakarta. Area parkir yang disediakan cukup terbatasdan menggunakan area tepi jalan.

Menu yang ditawarkan Warung Nasi Kapau Uni Upik cukup beragam mulai dari gajebio, bebek ijo, rendang bebek, rendang sapi, usus, limpa, telur, ayam bakar, ikan bakar, gulai tunjang, gulai ikan, gulai cumi, dendeng basah lado mudo, sup iga sapi, dan paru kering.

Penyajian menu nasi kapau lauk usus sapi di Warung Nasi Kapau Uni Upik menggunakan piring datar berwarna merah. Nasi putih dicetak bulat kemudian bagian atasnya diberi gulai sayur nangka, sambal cabe merah, bumbu rendang, sedikit kuah gulai, dan lauk yang saya pilih yaitu usus sapi. Gulai nangka ini terdiri dari sayur nangka muda, kol, rebung, dan kadang ada jengkol yang dimasak dengan santan yang tidak kental namun melimpah. Untuk sambal cabe merah hampir sama penampilannya seperti sambal cabe merah pada nasi Padang. Dominasi rasa gurih dan pedas hampir mendominasi di setiap masakan dari Sumatera Barat inimeskipun ada yang agak terasa asin juga.

Baca Juga  Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk, Cara Baru Menyantap Hidangan Ayam Goreng

Lauk Usus Sapi d Warung Nasi Kapau Uni Upik merupakan salah satu menu andalan yang wajib dan menarik dicicipi. Lauk Usus Sapi yang membedakan antara Nasi Kapau dengan Nasi Padang adalah pada isi ususnya. Pada Nasi Kapau, Usus Sapi diisi oleh campuran telur dan bumbu yang dibekukan kemudian disiram dengan kuah gulai. Bagi saya pribadi cita rasanya cukup menarik karena usus sapi yang biasa saya nikmati di warung nasi padang tidak ada isinya.

Bila diperhatikan, cita rasa Nasi Kapau ada kemiripan dengan Nasi Padang karena masih satu wilayah atau satu rumpun, hanya saja bumbu Nasi Kapau lebih pekat atau lebih kental dibandingkan Nasi Padang. Pekatnya cita rasa dan bumbu nasi kapau membuat tidak semua orang mampu menerimanya sehingga jarang ada warung nasi kapau diluar wilayah Sumatera Barat. Harga yang ditawarkan warung ini tergolong mahal untuk ukuran warung kakilima di kota Jakarta namun tidak rugi untuk mencicipinya ketika berkunjung ke Jakarta. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat