Nasi Jagung Urap, Sajian Unik Lereng Gunung Andong

Nasi Jagung Urap, Sajian Unik Lereng Gunung Andong
2 (40%) 1 vote[s]

Nasi Jagung Urap merupakan salah satu hidangan yang banyak ditemui di sekitar kawasan lereng Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Andong. Makanan ini jarang terdengar karena lebih sering disajikan di rumah-rumah penduduk dibandingkan di warung-warung makan. Kalaupun ada hanya beberapa warung makan yang menyajikan menu makanan ini. Padahal sajian Nasi Jagung Urap merupakan daya tarik kuliner yang jarang ditemukan di tempat lain.

Bahan Meracik Nasi Jagung Urap Khas Lereng Gunung Andong Jawa Tengah

Dalam sepiring Nasi Jagung Urap terdapat nasi jagung, potongan rebusan sayur, parutan kelapa, tempe bacem, dan peyek ikan. Makanan ini cukup sederhana tanpa menggunakan lauk daging semacam daging sapi atau daging ayam. Sayur yang digunakan biasanya sayuran yang sedang melimpah di daerah sekitar seperti sawi, bayam, kubis, dan sebagainya. Parutan kelapa dimasak kecoklatan seperti bumbu gudangan sayur. Sedangkan tempe pacem dan peyek ikan seperti yang biasa kita temukan di warung-warung makan.

Sajian Nasi Jagung Urap Khas Lereng Gunung Andong Jawa Tengah

Saat merasakan nasi jagung pertama kali, terkesan tidak seperti jagung karena telah diolah menjadi bubuk nasi dengan butiran halus berwarna putih. Bayangan nasi jagung yang mash utuh dan berwarna kuning oranye langsung lenyap seketika. Sayuran dan lauk yang disajikan dalam nasi jagung memberikan sensasi rasa yang berbeda. Tempe bacem memberikan cita rasa manis. Potongan sayur dan parutan kelapa memberikan rasa gurih sedikit asin dan manis. Dan yang terakhir peyek ikan memberikan sensasi rasa asin.

Baca Juga  Durian Sunan, Potensi Durian Lokal Turunan di Banyumas

Kombinasi sayur dan lauk yang tepat membuat Nasi Jagung Urap menarik untuk dinikmati. Namun orang yang belum terbiasa memakannya harus siap-siap dengan air minum karena nasi jagung memiliki tekstur kering membuat seret di leher. Harga yang ditawarkan untuk seporsi Nasi Jagung Urap di warung-warung di tepi jalan cukup murah dan layak untuk dicicipi. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    tradisionil orisinil begini yang saya suka bangett
    tapi mesti ke lereng gunung segala …. kenapa ga ada yang buka lapak di jakarta .. he he

  2. Harga Samsung:

    Benar sekali atas ane,, kalau ada di kota pasti laris ini.. mantaf banget kayaknya

  3. winny:

    mau coba kak penasaran

  4. airamaha:

    enak nih pengen dicoba, tapi mohon dong diposting juga cara buatnya …

Kirim pendapat