Museum Haji Widayat Magelang

Museum Haji Widayat Magelang
2 (40%) 3 votes

Museum Widayat atau bernama lengkap Museum Seni Rupa Haji Widayat merupakan salah satu museum dan galeri seni yang berada di wilayah Magelang Magelang. Museum ini memamerkan karya seni rupa khususnya seni lukis dari pelukis Widayat, seorang seniman lukis sekaligus pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Beliau konon juga disebut sebagai piccaso-nya Indonesia karena beberapa karyanya terkenal di penjuru dunia.

Museum Widayat terletak di Jl. Letnan Tukiyat No. 32, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang 56511.

Suasana Di Dalam Museum Haji Widayat Magelang

Lokasi Museum Widayat berada di daerah Mungkid Magelang tepatnya berada di tepi jalur penghubung dan jalur wisata antara Candi Mendut dengan Candi Borobudur. Posisi museum ini tepat berada di pertigaan besar saat menuju ke arah Candi Borobudur dari arah Candi Mendut dan berada di sebelah timur dari Sungai Progo. Cukup mudah menemukan letak museum ini meskipun seringkali terabaikan karena tujuan utama melewati jalur ini adalah berwisata ke Candi Borobudur.

Museum Widayat dibangun tahun 1991 dan diresmikan pembukaannya pada tanggal 30 April 1994 oleh Prof. DR. Ing. Wardiman Djojonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada waktu itu. Luas bangunan museum ini mencapai 7.000 m² yang terdiri dari Museum Haji Widayat, Galeri Hj. Soewarni (d/h Galeri Widayat) dan Art Shop Hj. Soemini. Selain bangunan, kompleks Museum Haji Widayat dilengkapi oleh area taman yang difungsikan untuk meletakkan karya seni outdoor. Kedepannya pengembangan museum akan diperluas untuk memenuhi permintaan kebutuhan museum.

Salah Satu Koleksi Yag Dipamerkan Di Museum Haji Widayat Magelang

Museum Widayat Magelang saat ini membuka diri untuk kegiatan umum yang ingin menggunakan fasilitas yang ada di kawasan museum. Namun untuk perijinannya harus menggunakan ijin resmi dandisetujui pengelola. Secara keseluruhan Museum Widayat menarik dijadikan wisata museum dan wisata alternatif ketika berwisata ke Candi Borobudur. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Museum Seni Rupa Haji Widayat
Jl. Letnan Tukiyat No. 32, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang 56511
Telp: (0293) 788251
Fax: (0293) 789367
E-mail: mhw_widayat@yahoo.com
Website: www.hajiwidayat.com

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alris:

    Kalo berkunjung ke Magelang boleh nih jadi salah satu referensi untuk dikunjungi.
    salam

  2. Ulul:

    Wah boleh nih, jadi tempat pilihan buat liburan nanti
    Terima kasih ya :)

  3. Bloggerpedia:

    wah boleh jadi referensi nih kalo ngetrip kesana :)

  4. bersapedahan:

    meskipun kuper kalau ngomongin pelukis … tapi suka penasaran kalau ada galery lukisan

  5. Cumilebay:

    Baru tau ada pelukis widayat hehehe

Kirim pendapat