Mengingat Perjuangan Jendral Sudirman di Museum Sasmitaloka

Jendral Sudirman merupakan salah satu pahlawan nasional yang berjasa besar dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Beberapa museum sudah banyak menceritakan dan memamerkan perjuangan semasa hidupnya. Namun rasanya kita belum lengkap bila belum mengunjungi bekas rumah dinas Jendral Sudirman semasa menjabat yang saat ini dikenal sebagai Museum Sasmitaloka Jendral Sudirman.

Museum Sasmitaloka terletak di Jalan Bintaran Wetan No. 3 Yogyakarta. Museum Sasmitaloka merupakan penghargaan untuk Jendral Sudirman karena dedikasihnya pada bangsa Indonesia dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Bangunan Museum  Sasmitaloka

Lokasi Museum Sasmitaloka mudah ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi karena dekat dengan jalan utama di kota Yogyakarta. Tidak jauh dari Museum Sasmitaloka terdapat Museum Biologi yang cukup menarik dengan koleksi yang cukup lengkap. Kedua-duanya cocok dikunjungi sekaligus karena lokasinya berdekatan dan kita mendapat dua pengetahuan sekaligus antara sejarah dan ilmu pengetahuan alam.

Tiba di Museum Sasmitaloka Jendral Sudirman tampak sepi, sepertinya tidak ada kunjungan rombongan pelajar dari luar daerah yang berwisata ke kota Yogyakarta. Sepeda motor langsung saya parkir di tempat yang disediakan kemudian melapor ke pos jaga untuk meminta izin kunjungan museum. Setelah mengisi buku tamu dan menitipkan tas dan jaket di pos jaga, kami langsung berjalan menuju ke bangunan museum. Sedikit informasi, Museum Sasmitaloka ini tidak dipungut biaya alias gratis tiket masuk dan parkir.

Bangunan rumah ini sebelumnya menjadi museum Pusat TNI AD Yogyakarta diresmikan menjadi Museum Sasmitaloka Panglima Besar Sudirman pada Tanggal 30 Agustus 1982, dengan mempunyai 14 ruangan, yang disetiap ruangannya adalah cerita yang disusun secara kronologis tentang kehidupan dan perjuangan beliau. Anda akan mendapatkan pelajaran banyak tentang Jendral Sudirman dimuseum ini lengkap dengan benda – benda peninggalan beliau.

Koleksi Museum SasmitalokaMemasuki ruangan pertama berfungsi sebagai ruang tamu untuk menyambut tamu yang datang ke kediaman Sudirman. Di dalamnya terpajang meja kursi dan beberapa lukisan asli  yang kondisinya masih cukup terawat dengan baik. Ruangan selanjutnya yang merupakan ruangan kedua berfungsi sebagai ruang santai untuk Sudirman dan keluarganya. Di dalam ruangan ini berisi koleksi meja kursi berikut perabot rumah seperti radio tua, beberapa pakaian, dan sebagainya.

Ruangan ketiga berisi ruang kerja Jendral Sudirman yang berisi meja kursi kerja yang masih asli, pakaian, keris, pedang, senjata, tongkat, dokumen-dokumen, dan berbagai lukisan dan foto. Ruangan keempat merupakan ruang tidur, sepertinya koleksi ruangan ini kurang menarik dibandingkan dengan ruangan sebelumnya.

Ruangan Belakang Museum Sasmitaloka

Ruang kelima dan keeman secara berturun-turut merupakan ruang tempat tidur Jendral Sudirman dan putraputrinya. Ruangan-ruangan selanjutnya berisi diorama yang menggambarkan Jendral Sudirman sakit di RS Panti Rapih, berbagai koleksi perabot rumah tangga seperti piring, cangkir, teko, gelas, dan sebagainya. Di ujung jalan terdapat peta gerilya Jendral Sudirman yang ukurannya cukup besar dan dipajang pada dinding.

Secara keseluruhan Museum Sasmitaloka Jendral Sudirman ini cukup lengkap membahas sejarah perjalanan Jendral Sudirman semasa hidupnya. Kita lebih paham mengenai benda-benda apa saja yang digunakan oleh Jendral Sudirman meskipun sebagian kecil telah ditampilkan di museum-museum yang lain. Bagi yang menyukai wisata sejarah, jangan lupa mengunjungi museum ini ketika berkunjung ke kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Bangunan Warisan Budaya Di Danurejan Yogyakarta

Kirim pendapat