Museum Rumah Mbah Maridjan Kinahrejo

Museum Rumah Mbah Maridjan Kinahrejo
2.9 (57.14%) 7 votes

Museum Rumah Mbah Maridjan merupakan daya tarik wisata baru untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Wisata Lava Merapi Kinahrejo. Museum ini menempati bekas kompleks rumah Mbah Maridjan yang luluh lantak akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Saat ini museum tersebut telah dilengkapi bangunan pendopo sebagai tempat petilasan Mbah Maridjan, ruangan yang menampung benda-benda yang hancur akibat erupsi, mushola, dan gardu pandang.

Museum Rumah Mbah Maridjan beralamat di dusun Kinahrejo, desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55583.

Petilasan Rumah Mbah Maridjan Sleman

Lokasi Museum Rumah Mbah Maridjan berada di dalam kawasan Wisata Lava Merapi Kinahrejo. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara melewati Jalan Kaliurang kemudian mengikuti arahan menuju ke Wisata Lava Merapi Kinahrejo. Ketika memasuki area terminal Jeep Wisata Lava Tour terus naik saja hingga tiba di parkir museum. Untuk kendaraan seperti bus disediakan area parkir lebih jauh dan harus berjalan kaki menuju lokasi.

Bekas atau petilasan bangunan rumah almarhum Mbah Maridjan selaku juru kunci Gunung Merapi dibangun kembali dengan bangunan pendopo terbuka dan diberi foto Mbah Maridjan yang diberi bingkai dengan posisi berdiri. Pada sekeliling pendopo diberi larangan dilarang masuk dan papan bertuliskan “omahe mbah maridjan“. Bangunan lain yang ada di dekatnya menyimpan puing-puing hasil sisa erupsi Gunung Merapi seperti bangkai motor, bangkai mobil, meja kursi, dan sisa-sisa perabotan rumah. Fasilitas umum yang disediakan oleh museum ini adalah musholla, kamar mandi umum, pendopo yang dapat digunakan untuk bersantai, dan gardu pandang untuk mengamati Gunung Merapi bila tidak tertutup kabut.

Puing-Puing Sisa Erupsi Gunung Merapi 2010 Di Kinahrejo Sleman

Secara keseluruhan Museum Rumah Mbah Maridjan menjadi daya tarik utama wisatawan datang ke lereng Gunung Merapi sebelah selatan. Mbah Maridjan yang semasa hidupnya dikenal sebagai juru kunci Gunung Merapi dari Kraton Yogyakarta memiliki kharisma yang luar biasa dan cukup dikenal karena sering terlihat di berbagai pemberitaan seputar aktivitas Gunung Merapi. Pemerinta daerah setempat berharap dengan adanya museum ini, kunjungan wisatawan bertambah dari tahun ke tahun. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Museum Rumah Mbah Maridjan
Dusun Kinahrejo, desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55583

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ceritaeka:

    Emang jadi daya tarik sih, aku aja pengen ke sini :)

  2. jarwadi:

    suatu saat antar aku ke sini kakak

    • admin:

      Hi Jarwadi,
      Ayuk kak :-)

Kirim pendapat