Museum Mini Sisa Hartaku, Mengenang Kedasyatan Erupsi Gunung Merapi

Museum Mini Sisa Hartaku, Mengenang Kedasyatan Erupsi Gunung Merapi
2 (40%) 2 votes

Museum Mini Sisa Hartaku merupakan daya tarik wisata tambahan saat mengikuti Lava Tour Merapi Kaliadem sebelum menuju ke Bunker Kaliadem. Koleksi yang ditampilkan hampir sama seperti Museum Rumah Mbah Maridjan dimana memamerkan puing-puing erupsi Gunung Merapi yang menerjang pemukiman penduduk lereng gunung.

Museum Mini Sisa Hartaku beralamat di dusun Petung, desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55583.

Lokasi Museum Mini Sisa Hartaku berada di sebelah utara dari The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi serta jalan menuju ke Bunker Kaliadem sebelum tiba di Batu Alien. Akses jalan menuju obyek wisata ini sudah cukup baik karena sebagai jalur evakuasi. Cara menuju ke lokasi ini rata-rata menggunakan Jeep Merapi sebagai transportasi berkeliling lereng Gunung Merapi atau dikenal sebagai Lava Tour Merapi Kaliadem. Pengunjung pada mulanya dapat membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat ini. Namun saat ini ada larangan membawa kendaraan pribadi dan harus menggunakan jasa pemandu hingga sewa motor trail ataupun jeep. Entah apakah larangan atau aturan tersebut murni dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah atau penduduk setempat yeng mengelola kawasan wisata di lereng Gunung Merapi.

Asal usul Museum Mini Sisa Hartaku merupakan bekas rumah milik warga dusun Petung yang terkena keganasan Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Bekas rumah milik seorang warga yang bernama Kimin ini sudah tidak diperbolehkan untuk ditinggali dan tempat tinggalnya direlokasi ke Komplek Relokasi Pemukiman Korban Erupsi Merapi. Oleh salah satu anaknya, bekas rumah tersebut ditata kembali dan dijadikan museum mini untuk menambah daya tarik wisata di sekitar Kinahrejo dan Kaliadem lereng Gunung Merapi.

Museum Mini Sisa Hartaku terdiri dari beberapa ruangan yang dahulu digunakan sebagai rumah tempat tinggal seperti ruang tamu, 3 (tiga) kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Pada setiap ruang menampilkan koleksi barang-barang perabot rumah yang terkena Erupsi Gunung Merapi seperti buku-buku, lemari, foto-foto, mesin jahit, televisi, perabot dapur, dan sebagainya. Pada bagian muka rumah dipajang bangkai sepeda motor yang terkena awan panas dan sisa kerangka ternak sapi milik warga.

Wisatawan yang mengikuti paket wisata Jeep Merapi atau Lava Tour Merapi Kaliadem akan diajak menuju ke Museum Mini Sisa Hartaku sebagai pemberhentian awal ketika berangkat dari parkiran operator Jeep Wisata Merapi. Pengunjung yang datang ke tempat ini diberi waktu beberapa menit untuk berkeliling sekitar museum atau rumah sambil berfoto. Fasilitas pendukung wisata di Museum Mini Sisa Hartaku antara lain toilet/wc umum, warung makanan, dan warung penjual souvenir. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Museum Mini Sisa Hartaku
Desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55583

Kirim pendapat